Cara Menambahkan Material ke Default Tray - Tegalwebside.com -->

Jumat

Cara Menambahkan Material ke Default Tray

default tray sketchup

Default tray adalah kotak menu yang menyimpan sekumpulan komponen program seperti material, style, layer, shadow, dan scene. Kotak menu ini biasanya akan muncul saat pengguna menjalankan salah satu perintah, misalnya menekan huruf B pada keyboard.

Default tray memiliki preferensi yang dapat kita setting sesuai kebutuhan. Setting disini maksudnya kita dapat menentukan menu apa saja yang ditampilkan didalam kotak tray. Termasuk menambahkan folder baru yang berisi material eksternal.

Material yang kita tambahkan bisa berupa material warna ataupun material texture (HPL, wood texture dan lain sebagainya). Material ini nantinya akan secara otomatis terbuka saat kita ingin melakukan pewarnaan pada objek atau model.

Namun agar material yang kita tambahkan ke default tray dapat terbaca oleh sistem, maka material tersebut harus kita convert terlebih dahulu. Proses konversi ini dilakukan secara manual dengan mengganti ekstensi dari .jpg ke .skm (Sketchup material).

Cara Menambahkan Material ke Default Tray Sketchup

  • Siapkan folder yang akan kamu tambahkan ke default tray. Folder berisi material yang sebelumnya sudah kamu convert ke format .skm
  • Cara Menambahkan Material ke Default Tray

  • Langkah selanjutnya copy folder tersebut dengan cara tekan Ctrl + C.
  • Setelah itu buka direktori C:/Program Files/Sketchup/Materials
  • Kemudian letakan folder texture tersebut kedalam folder Materials.
  • Cara Menambahkan Material ke Default Tray

  • Lalu kita cek apakah material dapat terbaca atau tidak dengan cara buka/jalankan program Sketchup, setelah itu tekan B pada keyboard.
  • Cara Menambahkan Material ke Default Tray

  • Sesuai gambar diatas, folder material warna yang kita tambahkan ke folder Material telah berhasil terbaca oleh sistem dan dapat kita gunakan untuk mewarnai model/objek.

Gunakan langkah yang sama untuk menambahkan material jenis lain seperti texture, wood, hpl, furniture dan lain sebagainya. Pastikan convert terlebih dahulu sebelum material dipaste kedalam direktori program.

Folder material ini saya bagikan secara gratis dan dapat kamu download melalui link berikut. Download material warna disini. Demikian tutorial cara menambahkan material ke default tray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya. Jangan lupa share yah.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.