Cara Membuat Material SKM Sendiri di Sketchup - Tegalwebside.com -->

Senin

Cara Membuat Material SKM Sendiri di Sketchup

skm file sketchup

Membuat material skm sendiri di Sketchup, gimana caranya? terus apa itu .skm? SKM adalah ekstensi Sketchup yang berisi material yang disimpan dalam bentuk file. Format ini nantinya bisa kita gunakan untuk membuat kumpulan material collection yang dapat ditampilkan didalam kotak tray.

Material skm bisa dibuat dari jenis material apapun, termasuk dari file bump. Proses convert dari .jpg to .skm dilakukan secara manual, karena saat ini belum tersedia plugin yang dapat melakukan convert secara otomatis.

Apa bedanya dengan .skb? Skb sendiri merupakan file cadangan Sketchup yang dihasilkan ketika pengguna menyimpan suatu file atau projek. Isi file .skb sama persis seperti pada file induknya (.skp) dan tersimpan difolder yang sama.

File .skb dapat dibuka seperti biasa, bisa dimodifikasi dan disimpan kembali sebagai file projek, sedangkan file .skm hanya dapat dibuka melalui default tray Sketchup. Tidak dapat dimodifikasi tetapi memiliki thumbnail program yang sama. Contohnya seperti gambar dibawah ini

Cara Membuat Material SKM Sendiri di Sketchup

Dan ini yang terjadi saat kita membuka file .skm

Cara Membuat Material SKM Sendiri di Sketchup

Sekilas kita mengira itu merupakan file yang rusak, corrupt, atau terkena bugsplat. Namun sebenarnya itu adalah file yang normal yang dapat kita gunakan sebagai bahan pewarnaan pada objek atau model.

Kembali ke topik, untuk membuat file skm, kita hanya perlu menyiapkan material jpg yang sudah kita punya. Sebagai contoh disini saya akan membuat file .skm dari material taco hpl. Material taco ini dapat anda cari melalui Google search.

Cara Membuat File Material SKM Sendiri di Sketchup

  • Buka program Sketchup, kemudian buatlah 3D model persegi seperti gambar dibawah ini, setelah itu klik File lalu pilih Import.
  • Cara Membuat Material SKM Sendiri di Sketchup

  • Selanjutnya masukan file jpg kamu, setelah itu pada opsi Use Image As, pilih menu Texture.
  • Cara Membuat Material SKM Sendiri di Sketchup

  • Kemudian letakan diatas permukaan model, lalu sesuaikan agar terlihat rapi, sehingga menjadi seperti ini.
  • Cara Membuat Material SKM sketchup

  • Langkah selanjutnya silakan tekan B pada keyboard, setelah itu pada menu Materials, klik tab Select lalu klik ikon rumah.
  • Cara Membuat Material Skm sketchup

  • Kemudian klik kanan pada area material lalu pilih Save As.
  • cara membuat material skm sketchup

  • Langkah terakhir save material skm tersebut didalam folder yang telah kamu siapkan. Kamu juga bisa mengganti nama material tersebut agar tidak sama dengan yang lain.
  • cara membuat material skm sketchup

Selesai, kita sudah berhasil membuat material skm di Sketchup. Langkah selanjutnya kita pindahkan file skm tersebut kedalam direktori instalasi Sketchup. Tutorialnya dapat kamu lihat pada postingan saya sebelumnya.

Demikian panduan cara membuat material skm sendiri di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya. Jangan lupa share yah

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.