Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray - Tegalwebside.com -->

Rabu

Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray

Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray

Pembaharuan Vray 4 membawa sejumlah fitur baru yang telah dioptimasi. Sejumlah fitur anyar diharapkan dapat mempermudah pengguna mendapatkan hasil rendering yang lebih baik. Salah satu fitur yang dihadirkan Chaosgroup di Vray 4 ini adalah batas kamera area rendering (Safe Frame).

Fitur ini telah diupdate dan dihadirkan kembali pada Vray 4 yang memungkinkan pengguna menentukan area gambar yang akan dirender. Jika fitur ini diaktifkan maka akan muncul batas rendering berupa area abu abu dan hanya area tersebut yang akan diproses oleh mesin Vray.

Fitur safe frame adalah hasil optimasi dari pengaturan output yang dimana pada versi yang lebih lawas fitur ini belum tersedia. Untuk mencoba fitur ini, silakan update terlebih dahulu ke versi 3 atau 4. Vray versi ini dapat diinstall pada Sketchup 2017, Sketchup 2018 hingga Sketchup 2020.

Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray

Nah disini saya menggunakan Sketchup 2020 dan Vray 4.3. Silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda dan untuk membuat batas area rendering caranya sebagai berikut:

  • Gambar dibawah ini merupakan tampilan Sketchup sebelum kita menggunakan fitur batas kamera (safe frame)
    Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray
  • Untuk membuat batas kamera rendering Vray caranya silakan buka Asset Editor, kemudian pilih menu Settings lalu klik Render Output
  • Setelah itu silakan centang/ceklist menu Safe Frame lalu atur ukuran render yang ingin kamu buat misal 800 X 600 (Lebar x Tinggi)
    Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray
  • Agar ukuran render mudah disetting, silakan unlock terlebih dahulu.
  • Selesai, kita telah berhasil membuat batas kamera rendering. Setelah disetting seperti ini maka area gambar akan menampilkan batas abu abu yang menandakan hanya area tersebut yang akan dirender.
    Cara Membuat Batas Kamera Rendering Vray

Demikian tutorial cara membuat batas kamera rendering, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.