Cara Setting Gelas Kaca di Vray Next for Sketchup - Tegalwebside.com

Tuesday

Cara Setting Gelas Kaca di Vray Next for Sketchup

how to setting realistic glass in vray sketchup 2020

Cara membuat dan mensetting material gelas kaca agar hasilnya terlihat realistic di Vray Sketchup. Pengaturan material gelas kaca yang bagus akan menghasilkan pantulan saat terkena cahaya dengan kedua sisi yang transparan.

Settingan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan settingan pada umumnya yaitu dengan menggunakan layer reflection dan refraction yang ditambahkan kedalam material. Penggunaan kedua layer tersebut akan menghasilkan material yang tampak mengkilap dan tembus pandang, ini bisa dibilang langkah yang sama dalam pembuatan material kaca bening maupun kaca buram (frosted glass).

Pada panduan dasar setting material gelas kaca kali ini, saya menggunakan Vray Next (Vray 4.20) yang saya install di Sketchup pro 2020. Mungkin letak konfigurasinya akan sedikit berbeda dengan versi Vray yang anda gunakan. Silakan sesuaikan saja.

Pada latihan sederhana ini, saya sudah menyiapkan model Gelas/cangkir teh yang saya download dari 3D Warehouse, saya juga mematikan Vray Sunlight dan menggantinya dengan Rectangle light tool sehingga hasilnya seperti pada gambar thumbnail diatas.

Untuk membuat material gelas kaca realistic di Vray Next for Sketchup, langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, silakan jalankan program Sketchup di desktop lalu buka file projeknya.
  • Langkah selanjutnya kita ketahap pengaturan material dengan masuk ke Vray Asset Editor
  • setelah itu klik Create Asset pilih Materials lalu pilih menu Generic. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar dibawah ini.
    vray next for sketchup

  • Kemudian kita tambahkan layer refleksi kedalam material tadi dengan cara klik Add layer, lalu pilih Reflective coat.
    vray next for sketchup 2020

  • Langkah selanjutnya kita setting agar menjadi material gelas kaca yang sempurna dengan cara ubah color diffuse menjadi hitam, lalu ubah juga color reflection dan refractionnya ke warna putih.
    vray next for sketchup pro 2020

  • Apabila semua settingan sudah kita atur dengan benar maka langkah terakhir kita tinggal menerapkannya pada objek.
material gelas kaca vray sketchup 2020

Demikian tutorial sederhana cara setting material gelas kaca di Vray Next for Sketchup. Jika anda masih bingung silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Jangan sungkan kirimkan saran anda agar blog ini dapat berkembang dengan baik.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.