Cara Mencari File Autosave Sketchup - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Mencari File Autosave Sketchup

cara mencari file autosave sketchup

Setiap program sudah dilengkapi dengan fitur yang disebut Autosave, fitur ini akan menyimpan projek/file kamu secara otomatis saat program tidak digunakan atau dalam keadaan standby. Fungsinya tentu saja untuk mengantisipasi kemungkinan file tidak tersimpan jika tiba tiba program menutup sendiri akibat mati lampu atau error bugsplat.

Fitur serupa juga sudah tersedia di Sketchup. Secara default fitur autosave akan menyimpan file setiap 5 menit sekali secara otomatis. File yang tersimpan oleh fitur ini akan menggunakan nama 'Autosave_filekamu.skp'. Lalu dimana kita bisa mencari dan menemukan file Autosave Sketchup tersebut?.

Artikel Terkait

Langkah pertama yang wajib kita lakukan untuk mempermudah mencari dan menemukan file Autosave jika sewaktu waktu Sketchup menutup sendiri adalah pastikan kita sudah mengaktifkan fitur autosave dan gunakan rentang waktu yang singkat, misal 2 sampai 3 menit sekali. Jika fitur ini tidak diaktifkan kemungkinan kita akan kesulitan menemukan file autosave tersebut karena tidak ada preferensi penyimpanan yang kita setting.

Nah Apabila kita sudah melakukan langkah diatas maka kita dapat dengan mudah mencari file Sketchup tersebut. Berikut cara mencari file autosave Sketchup.

  • Untuk Desktop Windows, secara default file Autosave akan disimpan ke dalam folder C:\Users\nama-komputermu\My Documents\
  • Untuk MacOS, file Autosave akan selalu tersimpan di direktori User > Library > Application Support > SketchUp # > SketchUp > Autosave folder…

Sketchup memungkinakn kita untuk mengganti lokasi penyimpanan apabila kita ingin memindahkannya kedalam folder yang lebih aman dengan cara jalankan program Sketchup terlebih dahulu, selanjutnya klik Window kemudian pilih Preferences setelah itu klik menu File lalu pilih Models.

Tak hanya fitur autosave saja yang bisa kita aktifkan, didalam preferensi ini juga terdapat fitur Backup yang apabila kita aktifkan akan membuat file cadangan (backup) saat kita menyimpannya secara manual. File cadangan tersebut biasa kita lihat dengan format .skb dan tersimpan kedalam satu folder dengan file sketchup yang sedang kita jalankan.

Demikian panduan singkat cara mencari file Autosave di Sketchup. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like share dan komentarnya agar kedepannya blog ini bisa menjadi lebih baik lagi. Mau request tutorial? Silakan kirimkan saja melalui form kontak yang sudah tersedia.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.