Cara Ampuh Mengatasi Bugsplat Sketchup Vray - Tegalwebside.com

Wednesday

Cara Ampuh Mengatasi Bugsplat Sketchup Vray

cara ampuh mengatasi bugsplat sketchup vray

Bugsplat merupakan pesan error sketchup yang muncul secara mendadak saat program sedang digunakan yang kemudian akan menyebabkan program berhenti bekerja. Bugsplat tentu sangat merugikan pengguna karena dapat mengakibatkan file yang sedang dikerjakan tidak tersimpan dengan baik. Untuk mengantisipasi hal ini saya menyarankan agar mengaktifkan fitur Autosave sebelum proses menggambar. 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya bugsplat, namun yang paling sering saya alami karena terlalu banyak material sampah yang digunakan didalam satu file. Hal ini akan membuat program semakin berat yang pada akhirnya menampilkan pesan error tersebut. Material sampah yang saya maksud disini adalah material yang tidak digunakan pada objek namun masih terbaca dalam sistem Sketchup.

5 Cara Ampuh Mengatasi Bugsplat Sketchup Vray

Nah untuk mengantisipasi pesan error ini, berikut cara ampuh yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bugsplat Sketchup vray.

1. Gunakan Sketchup Terbaru

Jika kamu masih menggunakan Sketchup lawas maka segera update ke versi yang terbaru. Versi terbaru telah dilengkapi dengan fitur dan peningkatan performa yang lebih baik agar dapat menangani komposisi file yang lebih kompleks sehingga dapat meminimalisir terjadinya bugsplat/pesan error. Kamu dapat mengunduhnya dilaman resmi Sketchup.com

2. Purge Material/Model

Purge material adalah fitur yang digunakan untuk membersihkan material yang tidak digunakan pada objek/modeling. Saya biasa menyebutnya dengan istilah 'material sampah'. Material ini menumpuk pada sistem yang apabila dibiarkan akan membuat kinerja program semakin berat yang berarti potensi untuk terkena bugsplat juga akan semakin besar.

Selain untuk membersihkan material sampah, fitur ini juga bisa kita gunakan untuk memperbaiki pesan error saat projek ingin disimpan. Tutorial menggunakan fitur ini bisa kamu baca pada artikel saya sebelumnya.

3. Style dan Shadows


Saat mengerjakan bentuk objek yang kompleks sebaiknya jangan mengaktifkan mode bayangan (shadow) karena dapat membuat kinerja program menjadi lambat. Masalah ini biasanya terjadi pada perangkat yang masih menggunakan spesfikasi standar.

Jika kamu terpaksa ingin mengaktifkan fitur shadow lebih baik ganti mode style-nya terlebih dahulu menggunakan default style jenis hidden line dan X-ray. Untuk merubah style bisa dilakukan dengan cara klik ikon ember lalu buka tab style, sementara jika tab style tidak ada kamu bisa menampilkanya melalui Windows > Default Tray > lalu centang fitur Styles.

4. Jangan Sembunyikan Geometry


Pastikan tidak ada satu pun geometri tersembunyi yang ada didalam model kamu. Hal ini sering kali tidak kita sadari terutama saat menggunakan objek dari komponen yang didownload melalui 3D Warehouse. Untuk mengetahui geometri yang tersembunyi caranya klik View > Hidden Geometry.

5. Jangan Terlalu Banyak Plugin

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, hal ini juga berlaku pada perangkat lunak. Memasang terlalu banyak plugin hanya akan membuat program menjadi berat dan mengganggu karena biasanya plugin yang dipasang akan menampilkan pop-up pemberitahuan setiap kali program dijalankan.

Apabila kamu sudah menginstal banyak plugin, solusinya silakan hapus plugin sketchup yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan agar program Sketchup bekerja lebih optimal. Jika perlu, kamu bisa menggunakan software pembersih untuk membersihkan file registry yang mungkin saja masih tertinggal didalam direktori instalasi.

6. Selalu Update Driver Grafis Komputermu

Sebelum memperbarui driver grafis komputer, kamu perlu tahu jenis kartu grafis yang terpasang pada komputer kamu. Untuk mengetahui kartu grafis apa yang terpasang dikomputer, kamu bisa menggunakan perintah dxdiag. Setelah itu silakan gunakan software pencari driver otomatis yang bisa mengupdate driver komputer secara cepat dan gratis.

Demikian 5 tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah bugsplat di Sketchup, apabila masih terkena juga kemungkinan besar file Sketchup corrupt/atau ada elemen yang hilang, kalau sudah begini solusinya download lagi melalui sumber yang lain. Terakhir jangan lupa pelajari persyaratan minimum program agar Sketchup dapat bekerja dengan baik.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.