Spek Laptop Untuk Program Sketchup - Tegalwebside.com

Thursday

Spek Laptop Untuk Program Sketchup

Mas spek laptop yang bagus untuk Sketchup seperti apa sih? Pertanyaan ini saya dapat dari salah satu kawan saya yang kebetulan saat itu ingin membeli perangkat tersebut untuk desain grafis khususnya 3D rendering berbasis Vray & Sketchup. 

Berbicara mengenai spek laptop untuk Sketchup, kita tidak bisa berpatokan pada satu brand/merek saja. Karena saat ini memang cukup banyak laptop yang dirancang untuk pekerjaan berat seperti desain grafis ataupun video editing. Laptop yang cocok untuk desain grafis umumnya dibekali dengan spek yang tinggi dan kinerja yang lebih stabil.

Mengetahui spek laptop sebelum membeli merupakan suatu keharusan agar nantinya dapat menjalankan program yang kita inginkan. Untuk program Sketchup itu sendiri sebenarnya tidak terlalu membutuhakn spek yang terlalu tinggi karena program ini memang dirancang ramah hardware dengan tujuan agar dapat digunakan oleh semua kalangan. Berbeda dengan rendering yang memang wajib menggunakan spek tinggi karena proses rendering memerlukan banyak sumber daya khususnya pada RAM, Prosesor dan VGA.

Spek Laptop Untuk Program Sketchup

Informasi mengenai spek minimun hardware dapat kita baca diwebsite resmi Sketchup. Sebagai contoh saja spek minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Sketchup pro 2018 adalah sebagai berikut:

  • Dapat diinstal pada system operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10
  • SketchUp Pro requires .NET Framework version 4.5.2. Kamu bisa download dan install disini
  • Minimum 1 GHz processor
  • Minimum 4GB RAM
  • Minimum 500MB of free hard-disk space
  • 3D class video card with 512 MB of memory or higher and support for hardware acceleration. Please ensure that the video card driver supports OpenGL 3.1 or higher

Itulah spesifikasi minimum yang saya kutip langsung dari website resmi Sketchup. Jika kamu masih bingung dengan pilihan laptop yang bagus untuk Sketchup. saya merekomendasikan spek laptop yang saat ini saya gunakan untuk program 3D rendering Vray Sketchup.

Merek, RAM dan Prosesor

spek laptop untuk sketchup

Saya menggunakan laptop Lenovo seri ideapad yaitu Lenovo Ideapad 110 14AST-80TQ. Laptop ini dibekali dengan prosesor AMD A9-9400 Radeon R5 Core 2C 2.4 Ghz. Meskipun hanya menyimpan prosesor dual-core, kinerjanya tidak kalah dari chip quad-core generasi sebelumnya berkat pemakaian core berbasis arsitektur Excavator yang berukuran lebih besar

Lenovo Ideapad 110 14AST-80TQ memiliki 4 GB RAM DDR4 yang diklaim lebih powerful dan memiliki performa yang lebih stabil. Kapasitas tersebut cukup untuk menjalankan program berat seperti Adobe photoshop, premier pro, Auotacad dan Sketchup Vray rendering.

Media Penyimpanan

spek laptop untuk program sketchup

Untuk media penyimpanan, laptop ini memiliki 1 TB Hardisk buatan Toshiba berkecepatan 5.400RPM yang dapat menampung lebih banyak data dan aset kedalam satu perangkat. Di sisi konektivitas, Ideapad 110 14AST dilengkapi port HDMI, LAN, sebuah USB 2.0, satuport USB 3.0, serta colokan audio 3,5mm. Optical disk drive di sana adalah tipe DVD-RW.

Display dan VGA

spek laptop untuk sketchup

Lenovo seri ini menyuguhkan layar seluas 14-inci beresolusi 1366×768. Tubuh laptop mempunyai tekstur matte sehingga dapat meminimalisir bekas sidik jari serta tahan terhadap baretan, dengan area bawah yang lebih ‘kasar’ dari bagian lid. Warna hitam mendominasi seluruh permukaan tubuhnya, dan ketika layar dibuka, Anda bisa menemukan palm rest berpermukaan menyerupai kulit – sebetulnya terbuat dari plastik

Untuk kartu grafisnya, laptop ini dibekali dengan 2GB of VGA AMD Radeon R5 Graphics yang makin nyaman saat digunakan untuk 3D rendering maupun video editing. Kapasitas yang cukup besar untuk laptop kelas menengah.

Harga

Ideapad 110 14AST-80TQ juga ditunjang beragam konektivitas krusial, baik port fisik atau wireless, serta turut menyediakan optical disk drive. Dengan kelengkapan seperti ini, laptop siap mendukung kebutuhan produktif ataupun hiburan multimedia. Dan menarik lagi, Ideapad 110 14AST-80TQ bisa kamu miliki cukup dengan mengeluarkan modal kurang dari Rp 4,5 juta (baru) dan Rp 2 s/d  3 jutaan untuk kondisi second/bekas.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.