Cara Render Malam Hari di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Render Malam Hari di Vray Sketchup

cara render malam hari di vray

Tegalwebside.com - Hari ini saya mendapat request dari seseorang untuk merender gambar exterior suasana malam hari di Vray Sketchup. Ini merupakan tantangan tersendiri buat saya karena sebelumnya saya belum pernah merender gambar dengan suasana tersebut. Merender scene malam hari tentunya berbeda dengan siang hari karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan gambar render yang terlihat bagus dan realistis.

Rendering suasana malam hari yang sebagian besar gelap mengharuskan saya menggunakan komposisi lighting yang banyak. Hal ini tentunya akan berpengaruh langsung pada proses rendering. Dampak yang bisa saya rasakan adalah proses render menjadi lebih lama. 

Dalam scene ini, tool lighting yang saya gunakan adalah rectangle light, emissive, ies light dan sphere light. Saya tidak menggunakan HDRI ataupun Domelight sehingga tidak muncul background langit dan lingkungan. Saya ingin memaksimalkan lighting tool yang tersedia. Hasil dari testing render tema malam hari ini bisa kita lihat pada gambar thumbnail diatas. 

Cara Render Gambar Scene Malam Hari di Vray Sketchup

cara render malam hari di vray sketchup

Kita mulai saja tutorial membuat efek malam hari di vray sketchup, langkah pertama buka dan jalankan program sketchup kemudian open file project. Setelah itu matikan cahaya default Vray dengan cara klik Vray Option lalu buka tab Environment dan ganti nilai parameternya menjadi 0 atau di unceklist semua.
cara render malam hari di vray sketchup
Vray option

Langkah selanjutnya gunakan rectangle light tool dan letakan diatas plafon pada semua ruangan kemudian setting rectangle light tersebut seperti dibawah ini. Intensitasnya: 35, centang menu Invisible lalu scroll kebawah naikan nilai subdivsnya.
cara render malam hari di vray sketchup
Rectangle light

Langkah ketiga gunakan Emissive light untuk membuat pencahayaan lampu neon sehingga gambar akan terlihat lebih hidup. Setting emissive dengan intesitas 80. Jika terlalu terang kita bisa mengurangi nilainya.
cara render malam hari di vray sketchup
Emissive light

Harusnya disini menggunakan IES light namun berhubung file ies light yang saya punya tidak kompatibel denga Vray maka saya menggantinya dengan Omni dan Sphere light. Berikut settingan omni light yang saya gunakan dalam scene render malam hari.
cara render malam hari di vray sketchup
Omni light

Agar hasilnya lebih maksimal kita dapat optimalkan Vray option editor dengan mensetting image sampler, color mapping, light cache, ambient occlusion, irradiance map dan output rendernya. Langkah terakhir tinggal kita render dan simpan gambarnya. File dalam tutorial ini bisa kamu download di 3dwarehouse. 

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.