Cara Mengembalikan File Sketchup Yang Lupa di Simpan/Kehapus - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Mengembalikan File Sketchup Yang Lupa di Simpan/Kehapus

sketchup file data recovery

SketchUp menyimpan setiap file projek yang dibuat ke dalam format .skp. Ini akan menyimpan semua lapisan Sketchup, komponen dan objek, sedangkan fitur Auto-Save yang diaktifkan berfungsi membuat file backup untuk mencegah apabila file aslinya hilang atau terhapus. Kedua format tersebut dapat dibuka dengan Sketchup dan Sketchup Viewer.

Meskipun tampaknya itu sempurna untuk pengguna, namun terkadang ada masalah yang tiba tiba muncul seperti  Sketchup lupa di simpan dan kehapus. Apakah ada solusi untuk memulihkan file PDF, DWG, XLS dan SKP itu? Di sini kita membahasnya bersama.

Cara Mengembalikan File Sketchup Yang Lupa di Simpan/Kehapus

1. Menggunakan Software Sketchup File Recovery

Jika kita mengalami file SketchUp hilang atau belum disimpan di Windows atau Mac, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memulihkannya. Caranya bagaimana? Gunakan software file recovery Sketchup profesional.

Apabila memulihkan file Sketchup secara manual, itu cuma menghabiskan waktu kita. File yang hilang sangat mungkin ditimpa oleh data baru. Dalam hal ini, kita harus menggunakan perangkat lunak untuk melakukan recovery file Sketchup.

iBeesoft Data Recovery merupakan software yang dirancang khusus bagi pengguna untuk memulihkan data yang hilang karena berbagai alasan, seperti file yang tidak disimpan, dihapus, hilang setelah kerusakan sistem, dihapus setelah terinfeksi virus, dan banyak lagi. Berikut fitur utamanya yang dapat kita gunakan untuk recovery file SketchUp yang lupa disimpan.
sketchup file recovery

  • Silakan download sesuai dengan versi OS yang kamu gunakan setelah install lalu jalankan programnya. [Windows]  [Mac OS]
  • Selanjutnya pilih tipe file yang kamu butuhkan saja misal kita akan mencari file Sketchup maka cukup ceklis menu Document dan Other files lalu klik Start. Hal ini untuk mempercepat proses scanning.
    sketchup file recovery

  • Di jendela baru, silakan pilih hard drive yang menyimpan folder SketchUp dan klik Scan, Silakan tunggu dan biarkan program memindai direktori yang sudah di tentukan.
    sketchup data recovery
  • Ketika proses scaning selesai, kita dapat melihat file yang ditemukan diurutkan ke dalam kategori. Kita dapat memfilter file di sisi kiri dengan ekstensi file skp atau skb. Skp adalah ekstensi file induk dari Sketchup sementara Skb adalah versi AutoSavenya. Keduanya bisa dibuka diSketchUp. Pada tahap ini silakan pilih dan klik Recovery untuk menyimpannya ke komputer.
    sketchup data recovery

2. Aktifkan Fitur Auto-Save Sketchup

Mengembalikan file Sketchup yang hilang atau lupa disimpan bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur auto-save. Namun dengan catatan fitur ini sudah diaktifkan sebelum proses menggambar. Fitur ini akan menyimpan file setiap 1 menit sekali dan program akan membackup file yang sedang dibuka secara otomatis sehingga kita tidak perlu khawatir jika sewaktu waktu Sketchup mengalami not responding/bugsplat.

Apabila kita mengaktifkan fitur ini, maka Sketchup akan menyimpan file kedalam direktori/folder yang sudah ditentukan oleh sistem. Secara default biasanya file akan tersimpan di folder Documents dengan nama depan Autosave_namafile.skp dan Autosave_namafile.skb (file backup).

Panduan lengkap cara mengaktifkan fitur auto-save Sketchup bisa kamu baca pada artikel saya sebelumnya. Singkatnya fitur ini bisa kamu aktifkan melalui pengaturan Preferences.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.