Cara Membuat Lampu Rectangle Light Vray 3.6 - Tegalwebside.com

Wednesday

Cara Membuat Lampu Rectangle Light Vray 3.6

cara membuat lampu rectangle light di vray 3.6

Tutorial Vray Sketchup kali ini kita akan belajar bersama cara membuat lampu rectangle light di Vray 3.6 for Sketchup. Sekedar info aja bahwa Vray 3.6 merupakan versi terbaru yang dikembangkan untuk pengguna Sketchup 2018.

Membuat rectangle light Vray 3.6 caranya sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Jika dilihat tata letak Vray 3.6 memiliki background berwarna gelap, selain itu letak parameter material editor dan vray option pada versi ini juga menjadi satu lokasi, mirip seperti Vray yang digunakan untuk 3Ds Max.

Oleh sebab itu cara membuat Rectangle Light di Vray 3.6 Sketchup tidak sama seperti pada Vray 2.0. Selain cara setting,  tampilan V-Ray Lights Toolbar yang ada di versi terbaru ini juga berbeda. Bagi kalian yang sebelumnya menggunakan vray 2.0 lalu ingin pindah ke Vray 3.6 maka kalian perlu beradaptasi dengan tampilan vray yang baru ini.

Nah untuk mempermudah belajar Vray 3.6 for Sketchup, disini saya sudah menyiapkan panduannya. Perhatikan baik baik tutorialnya dibawah ini agar kalian tidak gagal paham. Semoga tutorial Rectangle Light di Vray 3.6 for Sketchup ini dapat membantu kalian yang baru pertama kali menggunakan Vray 3.6 di Sketchup.

Cara Membuat Lampu Rectangle Light Vray 3.6 Sketchup 2018

  • Langkah pertama buka dan jalankan Sketchup dikomputer kalian. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2018 64 bit yang sudah kompatibel dengan Vray 3.6. Apabila kalian belum menginstall programnya,silakan download terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka juga file project kalian. Sebagai contoh saja disini saya sudah menyiapkan sebuah objek box yang saya letakan diruangan yang tertutup. Hal ini untuk melihat hasil yang jelas dari tool Vray rectangle light yang saya gunakan. Scene sebelum menggunakan Vray Rectangle Light bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.
  • cara membuat rectangle light di vray 3.6
  • Langkah selanjutnya silakan buatlah rectangle light seperti biasa dengan menggunakan Rectangle Light tool lalu letakan menghadap objek.
  • cara membuat rectangle light di vray 3.6
  • Kemudian setting rectangle light tool tersebut dengan cara klik Asset Editor (logo Vray), selanjutnya klik logo lampu setelah itu naikan nilai pada parameter Intensity agar cahaya lampu lebih terang. lihat gambar dibawah ini
  • cara membuat rectangle light di vray 3.6
  • Terakhir silakan tunggu sampai proses render selesai. Setelah proses render selesai maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Ohya apabila kalian ingin menyembunyikan sumber cahaya lampunya, kalian cukup mencentang menu Invisible pada bagian Options.
  • cara membuat rectangle light di vray 3.6

Gimana mudah kan? Apabila ada pertanyaan silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Demikian tutorial Rectangle Light di Vray 3.6 for Sketchup, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.