Cara Membuat Kaca Sandblast di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Saturday

Cara Membuat Kaca Sandblast di Vray Sketchup

Cara Membuat Kaca Sandblast di Vray Sketchup

Kaca sandblast adalah kaca transparan yang bertekstur buram. Kaca ini biasanya dipasang sebagai pembatas antar ruangan pada bangunan komersial seperti apotik, kantor dan rumah sakit. Selain pada bangunan komersil, material sandblast juga sering digunakan pada alat alat makan seperti gelas dan mangkuk kaca.

Cara membuat dan mensetting material efek kaca buram sandblast di Vray Sketchup sebenarnya hampir sama dengan cara membuat efek kaca bening transparan yang sebelumnya sudah saya bahas. Untuk menghasilkan efek kaca yang bagus, kita dapat menggunakan 2 layer yang dikombinasikan kedalam material.

Untuk lebih jelasnya silakan simak tutorial cara membuat kaca sandblast Vray Sketchup dibawah ini. Pada tutorial ini, saya menggunakan Sketchup pro 2016 dan Vray 2.0.

  • Langkah pertama silakan buka program Sketchup-nya, kemudian buatlah objek kaca dengan ketebalan 2 cm setelah itu beri material, selanjutnya klik edit, lalu turunkan color dan opacitinya. 
  • Cara Membuat Kaca Sandblast di Vray Sketchup
  • Langkah kedua klik vray editor lalu tambahkan layer reflection dan refraction kedalam material kaca tadi, setelah itu ke 2 layar tersebut kita setting.
  • Pada paremeter reflection kita setting sebagai berikut. Reflection: 1,5 lalu klik M kemudian setting IOR: 1,7 terakhir gunakan parameter TexFresnel.
  • Cara setting Kaca Sandblast di Vray Sketchup
  • Selanjutnya pada parameter refraction kita setting sebagai berikut. Glossiness: 0,6 lalu Subdivs: 30 dan IOR : 1,5. Jika perlu kita dapat mengatur FOG color yang berfungsi untuk merubah warna kaca.
Apabila semua parameter sudah kita setting dengan benar, maka langkah terakhir tinggal kita render. Hasil dari settingan ini bisa kita lihat pada gambar thumbnail diatas. Nah demikian panduan cara membuat material kaca buram sandblast di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.