Hubungan Mahasiswa Dengan Pengabdian Masyarakat - Tegalwebside.com

Thursday

Hubungan Mahasiswa Dengan Pengabdian Masyarakat


Dari kata pengabdian pasti sudah tidak asing lagi untuk kita dengar ditelinga kita yang sebagai mahasiswa, mengapa demikian ?  lalu mengapa harus ada kalimat pengabdian masyarakat dan apa itu mahasiswa ? yuuuk belajar bareng... penulis akan berbagi mengenai siapa itu mahasiswa dan penjelasan pengabdian masyarakat.

Siapa yang bisa disebut sebagai mahasiswa ?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi.

Jadi menurut penulis Mahasiswa itu diambil dari kata Maha yang artinya tinggi, Siswa itu murid/pendidik jadi bisa diartikan yaitu orang yang memiliki pengetahuan luas yang didapatkan dari perkuliahannya yaitu perguruan tinggi, jangan salah bahwa mahasiswa itu beda dengan siswa karena mahasiswa dituntut lebih mandiri dibandingkan dengan siswa, mandiri dalam akademik yang tidak hanya mengandalkan materi dari dosen tetapi kita juga diharuskan mencari ilmu/sumber sebanyak-banyaknya untuk memnjadikan insan yang mandiri.

Apakah jadi seorang mahasiswa itu memiliki fungsi ?

Jadi.. tidak hanya fungsi saja yang dimiliki oleh seorang mahasiswa. Mahasiswa pun memiliki peranan penting, karena mahasiswa saat ini adalah gambaran bangsanya di masa depan. oleh karena itu mahasiswa harus memiliki fungsi dan menjalankan perannya. kira-kira inilah fungsi mahasiswa :

1. Iron Stock, kalau mahasiswa itu harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, yang artinya mahasiswa adalah generasi penerus untuk bisa memimpinnya lebih berkembang nantinya.

2. Agent Of Change, mahasiswa itu dituntut untuk menjadi agen perubahan. misalnya jika dilingkungan sekitar ada kesalahan, nah kita sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan yang sesungguhnya.

3. Social Control, harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar.

4. Moral Force, diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang sudah ada.

Setelah kita paparkan fungsi mahasiswa diatas, penulis menyimpulkan bahwa mahasiswa itu berperan sangat penting dan aktif bagi bangsanya. Selanjutnya penulis akan memaparkan mengenai pengabdian masyarakat itu apa ?

Pengabdian kepada masyarakat itu sendiri adalah serangkaian kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan pada masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah suatu gerakan pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat. Pengabdian masyarakat itu harus bersifat kontinual atau berjangka panjang, karena proses membangun itu membutuhkan waktu dengan jangka panjang. aspek yang harus diterapkan di masyarakat seperti karakternya, budayanya, sampai pola pikirnya juga harus kita terapkan benar-benar sehingga menciptakan sebuah masyarakat yang beradab. Pengabdian yang sering kita dengan di lingkungan kampus yaitu contohnya Bakti Sosial (Baksos).

Jadi, apa hubungan mahasiswa dengan pengabdian masyarakat ?
Mahasiswa ada itu sebagai pemicu terbentunya peradaban yang maju. Bagaimana agar bisa maju ? yaitu dengan pengabdian masyarakat baik kecil maupun besar. Sebuah pengabdian tidaklah membedakan karena pengabdian yang kecil sangatlah berpengaruh bagi masyarakat yang besar jika dilakukan secara kontinu. Pengabdian adalah suatu Tri Dharma di perguruan tinggi dan sudah merupakan kewajiban bagi kaum akademik untuk melaksanakannya. Pada hakikatnya adalah kita sebagai manusia biasa yang melakukan pengabdian masyarakat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. pada intinya hubungan mahasiswa dengan masyarakat itu sangatlah erat karena mahasiswa sebagai pemuda dan masa depan bangsa ada pada pemudanya itu sendiri.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.