Cara Ubah Dokumen Word ke PDF tanpa Software - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Ubah Dokumen Word ke PDF tanpa Software


Tegalwebside.com - Microsoft word merupakan salah satu perangkat lunak (Software) pengolah kata yang merupakan satu bagian dari Microsoft Office yang populer digunakan oleh para pekerja kantoran dalam membuat dokumen dokumen penting perusahaan.  Dengan menggunakan Microsoft Word ini kalian dapat dengan  mudah membuat dokumen, proposal, surat lamaran kerja atau hanya sekedar menulis. Tak hanya itu, didalam Software ini kalian juga bisa dengan mudah membuat dokumen dengan format PDF tanpa harus mengetik ulang di Adobe Reader atau aplikasi sejenisnya.

Seperti yang sudah kalian tahu, dokumen dengan format pdf mempunyai kelebihan yaitu tahan terhadap serangan virus yang biasanya merusak isi dokumen serta bisa memperkecil ukuran file dokumen tersebut yang artinya itu bisa menghemat ruang penyimpanan pada komputer atau laptop kalian.

Kelebihan lainnya yaitu, merubah dokumen word ke PDF memudahkan kalian untuk mengirim file dokumen tersebut melalui email, karena file dokumen dengan format PDF cenderung mempunyai ukuran file yang kecil sehingga tidak melebihi kapasitas yang ditentukan oleh web penyedia email semacam Gmail ataupun Yahoo mail dan itu jika kalian menggunakan web email gratisan.

Dalam tutorial ini saya menggunakan Microsoft Office 2016  yang bisa kalian download pada tautan dibawah ini. Tutorial ini juga masih kompatibel dengan kalian yang masih menggunakan Microsoft Office dibawah versi yang saya pake dan caranya pun sangat simpel dan sederhana.


Cara ubah dokumen word ke pdf  tanpa software
  • Langkah awal, Buka aplikasi microsoft word pada perangkat pc atau laptop kalian.
  • Kemudian Buka file dokumen word yang akan kalian rubah formatnya dengan cara klik File  → klik Open.
  • Usahakan isi file dokumen tersebut tertata rapi.Jika sudah, silakan kalian simpan kembali file tersebut dengan cara klik File → Pilih Save As.
  • Kemudian klik Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan file tersebut, lalu ubah Save as type-nya  menjadi Pdf dan terakhir klik Save.

Penutup
Cara ini sangat mudah dan simpel bagi kalian yang ingin mengconvert file dokumen word ke pdf secara cepat namun sebelumnya perangkat pc atau laptop kalian harus sudah terinstall aplikasi adobe reader atau sejenisnya agar file tersebut bisa terbuka dengan baik.  Cara ini juga terbukti bisa mengompres atau mengecilkan ukuran file agar bisa dikirim melalui email gratisan semacam Gmail dan yahoo mail.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.