Tutorial Vray Sketchup Interior: Single Bedroom - Tegalwebside.com

Tuesday

Tutorial Vray Sketchup Interior: Single Bedroom


Tegalwebside.com - Tutorial rendering Vray Sketchup interior dengan mengambil contoh scene tempat tidur (single bedroom) dan hasil dari settingan rendering ini dapat kita lihat pada gambar diatas. Sebelum masuk ke materi, saya akan jelaskan sedikit mengenai hal hal apa saja yang saya gunakan dalam settingan vray interior ini.

Pertama adalah lighting atau pencahayaan. Didalam mesin render Vray terdapat cukup banyak mode lighting yang bisa kita pilih dan gunakan, dan salah satu lighting yang saya pake dalam tutorial ini adalah Rectangle tool dan  Emissive.

Selanjutnya adalah material. Untuk menghasilkan gambar render yang realistic kita tidak disarankan untuk menggunakan material dengan kualitas rendah, khususnya material Texture yang didownload melalui Google Image. Menggunakan material texture dengan kualitas rendah hanya akan memperburuk kualitas render gambar kita, meskipun menggunakan settingan yang tinggi.

Nah dalam tutorial vray sketchup interior ini, saya menggunakan material texture dengan kualitas terbaik, material ini biasanya disebut dengan material seamless. Setidaknya ada 5 situs yang bisa kamu gunakan untuk mendownload material seamless secara gratis.

Beberapa component dengan bentuk kompleks seperti tempat tidur, komputer dan kursi saya download melalui situs berbagi component. Hal ini saya lakukan Untuk mempercepat proses modeling ruangan,  Nah Setidaknya ada 5 situs yang bisa kamu gunakan untuk mendownload component sketchup tersebut secara gratis.

Langkah selanjutnya kita masuk ke materi utama Tutorial Vray Sketchup Interior: Single Bedroom. Settingan yang saya gunakan masih tergolong settingan ramah perangkat karena diperuntuhkan untuk laptop/komputer dengan spek standar. Berikut 3 parameter visopt utama yang saya setting untuk gambar render diatas.

Image sampler (Antialiasing)
-Type: adaptive DMC
-Min subdivs: 10
-Max subdivs: 15


Indirect Illumination (GI)
-Ambient occlusion: On (centang)
-Amount: 0,7
-Subdivs: 16
-Radius: 3,0


Light cache
-Subdivs: 1000
-Sample size: 0,02

Untuk parameter lainnya biarkan dalam keadaan default.

Demikian tutorial singkat Vray Sketchup render interior. Jangan lupa berbagi kritik dan saran yang bersifat membangun agar blog ini kedepanya dapat menjadi lebih baik. Sekian terimakasih.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.