Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup

Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup

Tegalwebside.com - IES merupakan lighting alternatif yang bisa kamu gunakan untuk membuat cahaya lampu yang indah di Vray Sketchup. IES Light biasanya dikombinasikan dengan emissive untuk menghasilkan efek cahaya sorot yang keluar dari area kap lampu, contohnya pada LED bohlam dan lampu neon. IES Light sangat cocok digunakan dalam rendering interior karena dapat menghasilkan pencahayaan yang natural dan realistic.

Untuk membuat lampu IES Light menyala saat di render, kita membutuhkan file khusus yang disebut file .ies. File ini berisi profil distribusi yang nantinya akan menghasilkan sorot lampu sesuai dengan isi file itu sendiri. Dengan memuat file .ies, properti cahaya diciptakan kembali dalam SketchUp dan digunakan oleh V-Ray selama rendering. Ada banyak situs yang bisa kamu kunjungi untuk mendownload koleksi file IES secara gratis, salah satunya adalah all3dfree.net.

Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup

Berikut ini tutorial cara setting lampu ies light di Vray 3.6 Sketchup. Sebelum mengikuti tutorial ini, saya sarankan kamu sudah menyiapkan file ies-nya.

1. Langkah pertama, buka program Sketchup Vray di komputer/laptop kamu. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2018 dan Vray 3.6. Selanjutnya klik menu IES Light tool, lalu upload file ies yang sebelumnya sudah kamu download.
Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup

2. Setelah itu letakan objek lampu sesuai keinginan kamu, lalu masuk ke pengaturan Asset Editor (logo Vray), lalu klik tab yang bergambar lampu. Nah disinilah tempat mensetting lampunya agar menyala sesuai keinginan kita.
Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup

Dalam pengaturan IES light Vray 3.6, ada 3 parameter yang perlu kita perhatikan yaitu Intensitas, IES Light File dan Shape. Oke saya jelaskan sedikit yah.

Pertama yaitu Intensity: parameter ini digunakan untuk menentukan intensitas cahaya yang dihasilkan ketika objek dirender. Semakin besar nilai intensitynya maka cahaya akan semakin terang dan nilai Maksimal intensity yang bisa kita gunakan adalah 1000.000.000.

Kemudian IES Light File: fitur ini digunakan untuk mengganti jenis lampu yang digunakan. Jika kamu merasa style lampu yang dihasilkan kurang menarik, kamu bisa menggantinya melalui menu ini.

Dan terakhir Shape: parameter ini cukup penting. Shape akan menentukan bentuk bayangan saat cahaya terkena objek. Ada 3 jenis Shape yang bisa kita gunakan yaitu point, circle, sphere dan dari file ies itu sendiri.

Untuk mengurangi noise yang mungkin muncul saat proses rendering, kamu bisa menaikan nilai subdivs-nya dengan cara masuk ke tab options lalu klik menu Caustic photons dan terakhit geser ke kanan untuk menambah nilai Caustic subdivsnya. TAPI semakin besar nilai subdivs yang digunakan akan membuat proses render semakin lama.

Kendala yang mungkin kamu alami saat menggunakan ies light adalah ketika dirender lampu tidak menyala, hal ini terjadi karena beberapa penyebab seperti file ies tidak kompatibel dengan versi Vray yang kita gunakan hingga intesitas cahaya yang terlalu kecil, namun kendala ini tidak akan terjadi jika pemasangan ies light sesuai prosedur yang direkomendasikan chaosgroup selaku pengembang Vray.

Demikian panduan singkat Cara Setting IES Light di Vray 3.6 Sketchup. Semoga bermanfaat terimakasih. Jangan lupa share artikel ini yah.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.