Cara Membuat Cermin di Vray 3.6 Sketchup - Tegalwebside.com

Tuesday

Cara Membuat Cermin di Vray 3.6 Sketchup


Tegalwebside.com -Secara teori dalam membuat material cermin di Vray  3.6, kita cukup menggunakan layer Reflection yang dikombinasikan kedalam material/bahan. Layer tersebut nantinya akan membuat material yang kita gunakan memiliki efek cermin pantul seperti yang kita inginkan.

Pada Vray 3.6, kita perlu mengatur beberapa parameter yang ada pada layer tersebut seperti penambahan nilai pada IOR, reflection dan parameter perpendicular, hal ini dilakukan untuk mendapatkan efek cermin yang realistic. Jika pada Vray 2.0 nilai ketiga parameter tersebut terletak pada efek Fresnel di dalam pemetaan lapisan refleksi, namun pada Vray 3.6 ketiga parameter tersebut terletak di tempat yang berbeda.

Baca Juga:
Contohnya parameter IOR, kamu bisa mengatur nilai pada parameter ini melalui tab Opacity. Lalu parameter Perpendicular, jika parameter ini tidak kamu atur maka hasil output render cerminnya akan berwarna gelap/hitam sesuai color diffuse yang kamu gunakan. Contohnya seperti gambar dibawah diatas. Sebelah kiri sebelum dirubah dan sebelah kanan sesudah dirubah.

Untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorialnya berikut ini. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2018, Vray 3.6 dan laptop murah dengan spesifikasi 4GB RAM, AMD A9 7th Gen RADEON R5, dan 2GB of VGA.

Cara Membuat Cermin di Vray 3.6 Sketchup 

1. Pertama, silakan buka program Sketchup di komputer/laptop kamu. Lalu buat 3d objek dan beri material pada objek tersebut. Dalam pemberian material lebih baik menggunakan material warna agar program tidak menjadi berat saat proses rendering.

2. Selanjutnya masuk ke Vray Asset Editor kemudian klik Add Layer Reflection pada material cermin tadi. Lihat gambar dibawah ini.
Cara Membuat Cermin di Vray 3.6 Sketchup

3. Setelah itu klik tab Reflection → Opacity, lalu klik ikon papan catur setelah itu naikan nilai pada parameter Perpendicular agar warna outputnya tidak hitam. langkahnya seperti dibawah ini yah.
Cara Membuat Cermin di Vray 3.6 Sketchup

Langkah terakhir render gambar kamu untuk melihat hasilnya secara keseluruhan. Demikian panduan singkat cara membuat cermin di Vray 3.6 Sketchup. Apabila ada kesulitan, silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat terimakasih.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.