Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup - Tegalwebside.com

Wednesday

Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup

Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup

Tegalwebside.com - Tutorial Vray 3.6 Sketchup kali ini belajar cara setting material Emissive light atau biasa disebut dengan cahaya lampu neon pada Vray 3.6 untuk Sketchup 2018. Emissive light atau BRDFLight merupakan layer khusus yang menghasilkan permukaan objek yang dapat menyala ketika objek dirender.

Dalam seni interior, layer ini dapat kita aplikasikan kedalam berbagai bentuk lampu seperti lampu neon, lampu bohlam, lampu tulisan menyala dan masih banyak lagi. Layer emissive memungkinkan kita untuk merubah material apapun menjadi sumber cahaya, termasuk material texture.

Apabila kamu mencari sumber pencahayaan alternatif di Vray Sketchup, lebih baik menggunakan emissive karena penggunaan material ini cukup mudah, kamu tinggal mengaplikasikan material dasar kedalam objek setelah itu tambahkan layer emissive kedalam material tersebut terakhir tinggal atur intensitas cahayanya. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, silakan buka dan jalankan program Sketchup 2018 yang sudah terpasang Vray 3.6. Apabila belum ada kamu bisa cari dan mendownloadnya melalui Google Search.

2. Setelah itu buatlah sebuah 3d objek lalu beri material pada objek tersebut. Untuk layer emissive saya biasanya menggunakan material warna agar lebih simpel aja dan program tidak menjadi berat.
Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup

3. Jika sudah, langkah selanjutnya tambahkan layer emissive kedalam material tersebut dengan cara masuk ke Asset Editor (logo Vray) kemudian klik sekali pada material warna objek tersebut setelah itu klik Add Layer (logo + ) lalu pilih layer Emissive.
Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup

4. Pada tahap ini kamu tinggal mengatur intesitas cahaya yang ingin kamu gunakan pada paremeter Intensity. Semakin tinggi nilai yang kamu atur maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan, lalu ada menu Color yang bisa kamu digunakan untuk mengganti warna cahaya lampunya.
Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup

5. Selesai, terakhir kamu tinggal merendernya. Hasil settingan diatas bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini.
Emissive Light di Vray 3.6 for Sketchup


Demikian tutorial sederhana cara mensetting material emissive light di Vray 3.6 for Sketchup. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share juga tutorial ini. Terimakasih.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.