Cara Uninstall Plugin/Extention di Sketchup - Tegalwebside.com

Wednesday

Cara Uninstall Plugin/Extention di Sketchup

cara hapus plugin sketchup

Tegalwebside.com - Plugin digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Untuk program Sketchup itu sendiri, tersedia cukup banyak plugin gratis dan berbayar yang bisa kita install kedalam aplikasi. Salah satu plugin gratis Sketchup adalah Shape Bender yang dapat kita gunakan untuk membuat tulisan 3d melengkung.

Menginstall plugin di Sketchup harus dibarengi dengan pengetahuan tentang pengunaan plugin itu sendiri. Hal ini agar nantinya plugin yang terinstal dapat digunakan dengan baik dan benar. Memasang plugin di Sketchup sebaiknya jangan berlebihan karena Salah satu dampaknya adalah program akan menjadi berat. Dampak ini akan sangat terasa pada perangkat yang memiliki spesifikasi terbatas. Jika kalian mengalami masalah seperti ini, saya sarankan untuk menghapus plugin/extention Sketchup tersebut.

Apabila menggunakan Sketchup 2017 atau 2018, menghapus plugin cukup dilakukan melalui menu Extention Manager yang ada dalam program tersebut. Namun di Sketchup 2016, cara uninstall plugin/extention dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu menghapus langsung file plugin tersebut didalam folder instalasi.

Untuk pemula, uninstall plugin/extention di Sketchup 2016 merupakan sesuatu yang sulit karena didalam versi tersebut tidak ada menu hapus plugin. Oleh karena itu disini saya sudah menyiapkan panduan cara yang benar menghapus (uninstall) plugin atau extention yang terpasang di Sketchup pro 2016.

Cara Hapus Plugin/Extention di Sketchup pro 2016


1. Langkah pertama, silakan aktifkan terlebih dahulu fitur Show hidden files, folder or drives yang ada dalam Windows. Langkah ini dilakukan untuk menampilkan folder instalasi Sketchup yang disembunyikan oleh sistem.
cara uninstall plugin atau extention di sketchup pro

2. Jika sudah, langkah selanjutnya masuk ke direktori C:/Users/Nama-komputer/AppData/Roaming/Sketchup/Sketchup 2016/Sketchup/Plugins.

3. Terakhir tinggal pilih dan hapus plugin yang ingin kalian hapus. Untuk menghapusnya, pilih folder plugin yang akan dihapus setelah itu klik kanan lalu pilih delete.
cara hapus plugin dan extention di Sketchup

4. Selesai.

Selain di Sketchup 2016, cara ini juga dapat kalian gunakan untuk uninstall plugin di Sketchup 2014 dan 2015. Setelah menghapus plugin jangan lupa untuk menghidden kembali folder tadi agar file yang lain tetap aman.

Demikian panduan singkat cara hapus dan uninstall plugin atau extention di Sketchup. Semoga bermanfaat dan jangan lupa Share artikel ini ke sosial media kalian. Terimakasih.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.