Tips Ampuh Mengatasi Iklan AdSense Dibatasi - Tegalwebside.com

Wednesday

Tips Ampuh Mengatasi Iklan AdSense Dibatasi

penyebab dan mencegah iklan adsense di batasi

Tegalwebside.com - Awal desember ini, saya dikejutkan oleh email dari Google Adsense yang memberitahukan bahwa blog saya terkena pembatasan penayangan iklan. Hal ini membuat iklan adsense saya tidak tayang selama satu bulan dan penghasilan blog turun hampir 90%.

Isi email tersebut berbunyi:

Penayangan iklan di akun AdSense Anda dibatasi.

Penayang yang terhormat,
Kami baru-baru ini mengidentifikasi masalah traffic tidak valid di akun AdSense Anda. Oleh karena itu, kami telah membatasi penayangan iklan di akun Anda. Kami akan secara otomatis meninjau dan memperbarui pembatasan ini sambil terus memantau traffic Anda.

Lalu, apa penyebab Iklan Adsense di Batasi?

Sampai saat ini masih banyak blogger yang berdebat perihal penyebab inti yang membuat blog terkena pembatasan iklan. Meskipun Google sudah menjelaskannya melalui email namun itu belum cukup untuk menyakinkan mereka. Hal ini disebabkan karena masih ada blog yang lolos dari pembatasan iklan kendati mempunyai spesifikasi konten yang sama.

Didalam email notifikasi yang diterima sejumlah publisher (termasuk saya), Google menyebutkan beberapa penyebab serius yang membuat blog tersebut terkena pembatasan iklan sementara, antara lain:

  • Konten yang kurang berkualitas atau hasil copy paste
  • Konten mengandung unsur kekerasan, j*di, p*rn*grafi, sara, ujaran kebencian dan penipuan.
  • Trafik blog sedikit
  • Klik yang di sengaja 
  • Penempatan iklan yang salah dan lain sebagainya
Semenjak pembaharuan peraturan Adsense diterapkan beberapa waktu lalu, membuat algoritma Google semakin ganas dalam mengontrol ekosistem periklanan mereka.

Hal ini dibuktikan dengan semakin ketatnya kontrol Google terhadap penayangan iklan di beberapa blog, khususnya blog baru yang masih minim trafik.

Dalam beberapa kasus, Google bahkan akan langsung membanned akun publisher yang tidak patuh pada kebijakan program adsense dan tetap bandel memproduksi konten yang masuk dalam kategori konten terlarang tersebut.

Tips Ampuh Mengatasi Iklan Adsense di Batasi Google


Inti dari Google membatasi penayangan iklan adsense diblog adalah konten dan invalid trafik. Google ingin setiap blog yang mengikuti program Adsense mempunyai konten yang berkualitas, unique, mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca, memberikan pengalaman baru bagi pembaca dan tidak menyesatkan pembaca.

Oleh karena itu, kita sebagai publisher dituntut untuk membuat konten seperti yang Google dan pembaca butuhkan, bukan seperti yang kita inginkan serta mentaati semua aturan aturan Google.

Hal ini jarang disadari oleh blogger, apalagi blogger pemula yang baru diterima program Adsense. Mereka biasanya lebih terobsesi pada cara menaikan pendapatan adsense secara instan melalui penggunaan kata kunci yang tidak relevan dengan isi artikel.

Kita disarankan untuk membuat konten yang berkualitas dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar pengujung betah membaca lebih banyak konten yang ada dalam blog kita.

Konten yang berkualitas seperti apa?

Sering sekali saya menemukan pertanyaan semacam ini. Setiap orang mempunyai definisi dan standar sendiri mengenai konten yang berkualitas. Saya sendiri mendefinisikan konten berkualitas seperti berikut antara lain:

  • Panjang artikel minimal 700 kata. Lebih panjang lebih bagus.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tida bolak balik.
  • Isi konten terstruktur dan tidak acak acakan.
  • Isi konten tidak copy paste.
  • Isi konten relevan dengan kata kunci.
  • Dan tentu saja mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca.
Dengan menerapkan tips ini, saya yakin kita tidak akan kesulitan menaikan trafik organik Google dan tentu saja tidak akan terkena pembatasan penayangan iklan. Dengan begitu penghasilan adsense kita juga akan tetap terjaga tanpa bayang bayang pembatasan iklan yang diterapkan Google.

Selain tips diatas, ada satu lagi tips sederhana yang dapat kita lakukan guna mencegah agar tidak terkena pembatasan penayangan iklan adsense. Tips sederhana yang saya maksud adalah tidak membuka laman blog di browser yang sama.

Percaya atau tidak, tips ini sudah saya buktikan sendiri bahwa apabila kita sering membuka laman blog dibrowser yang sama saat kita login, maka cepat atau lambat sistem Google akan mendeteksi adanya invalid trafik yang terjadi pada blog tersebut.

Untuk lamanya pembatasan iklan oleh Google di setiap blog bervariasi. Ada yang satu minggu sampai tiga minggu. Namun berdasarkan kasus yang saya alami pembatasan iklan adsense biasanya paling lama satu bulan.

Share with your friends

1 comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.