Cara Install Vray Sketchup Full Version - Tegalwebside.com

Tuesday

Cara Install Vray Sketchup Full Version

cara instal vray sketchup

Tegalwebside.com - Begini cara instal Vray Sketchup agar full version, namun sebelumnya apa itu Vray? Vray merupakan plugin yang digunakan untuk membuat gambar semakin realistis. Proses perubahan dari gambar mentah menjadi realistic disebut render atau rendering. Vray dikatakan plugin karena Vray tidak tersedia otomatis saat Sketchup selesai di instal, artinya kita harus menginstal program tersebut secara terpisah.

Sebelum menginstal vray untuk Sketchup, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan seperti spesifikasi komputer dan versi dari Sketchup itu sendiri, hal ini bertujuan agar vray kompatibel dengan Sketchup yang kita gunakan. Bahasa sederhananya beda versi Sketchup tentu beda versi Vray.

Selain digunakan untuk Sketchup, plugin Vray juga dapat di instal untuk program 3d lain seperti Maya, Blender, 3Ds Max, Revit, Rhino, Unreal, Katana, Modono dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek langsung di webiste resminya Vray yang beralamat di Chaosgroup.com.

Saat ini Vray untuk Sketchup tersedia dalam banyak versi seperti vray 2.0, vray 3.4 dan vray 3.6. Dan untuk versi terbaru dari vray adalah Vray Next. Versi terbaru ini di klaim lebih powerful menghasilkan gambar render yang lebih realistic ketimbang versi pendahulunya, namun versi ini juga lebih banyak memakan sumber daya.

Nah bagi kalian yang baru belajar rendering dengan menggunakan Vray Sketchup, saya merekomendasikan untuk menggunakan vray yang versi 2.0. Meskipun versi lawas namun vray 2.0 tetap bisa menghasilkan gambar render yang berkualitas. Alasan lain menggunakan vray 2.0 adalah tata letak konfigurasi yang simpel dan mudah dipahami. Selain itu, vray 2.0 juga tidak membutuhkan spek komputer yang terlalu tinggi. Sangat cocok untuk yang mengalami keterbatasan spek seperti saya ini.

Lalu, bagaimana cara instal Vray Untuk Sketchup? Perhatikan baik-baik panduan cara instal vray sketchup 2016 pro dibawah ini agar kalian tidak gagal paham. Link download vray bisa kalian klik disini. .

Cara Install Vray Sketchup 2016 Pro full version

1. Langkah pertama, silakan download vray untuk Sketchup pro 2016 64 bit melalui link yang sudah saya tulis diatas, setelah itu ekstrak dan buka foldernya. Sebelum mengekstrak file tersebut, non-aktifkan antivirus dan putus koneksi internet agar file krek-nya tidak hilang.

2. Langkah selanjutnya, buka folder dan instal program vray_adv_20026494_sketchup_2016_win_x64 seperti biasa. Kemudian klik Next.
cara instal vray for sketchup
cara instal vray for sketchup

3. Pada tahap License Agreement/persetujuan, silakan ceklis atau centang menu I accept the agreement, lalu klik Next lagi.
cara instal sketchup pro

4. Pada tahap Select Component, centang atau ceklis semua menu yang tersedia setelah itu klik Next untuk masuk ke tahap selanjutnya.
cara instal vray sketchup

5. Pada tahap ini, proses instalasi akan dimulai. Silakan tunggu sampai proses selesai. Apabila menggunakan laptop, pastikan baterai laptop sudah terisi penuh.
cara instal vray sketchup

6. Pada tahap WibuKey Setup, silakan cancel saja.
cara instal vray

7.  Pada tahap Microsoft Visual C++ Redistributable, pilih Yes.
cara instal vray sketchup

8. Pada tahap ini, silakan klik finish dan tetap ceklis menu Register vray licence server as service

9. Selanjutnya aktivasi Vray agar menjadi full version dengan cara buka folder krek setelah itu copy file cgauth.dll kemudian pastekan kedalam folder instalasi Sketchup. Folder instalasi Sketchup biasanya berada dalam direktori C:/Program Files/Sketchup. Apabila muncul peringatan seperti gambar dibawah ini, silakan pilih Continue.
cara instal vray sketchup

10. Instalasi selesai. Untuk mengetahui apakah Vray berhasil diinstal atau tidak, silakan buka program Sketchup-nya. Apabila berhasil, biasanya plugin tersebut akan muncul secara otomatis.

Gimana, mudah kan? Demikian panduan singkat cara instal vray sketchup agar full version.  Semoga bermanfaat dan apabila ada yang kurang jelas silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.