Cara Push/Pull Permukaan Melengkung di Sketchup - Tegalwebside.com

Friday

Cara Push/Pull Permukaan Melengkung di Sketchup

Cara Push/Pull Permukaan Melengkung di Sketchup

Tegalwebside.com - Menggunakan objek model dengan permukaan melengkung memang menarik dan dinamis. Tetapi hal itu akan menjadi masalah ketika kita ingin memodifikasi objek tersebut, karena Sketchup belum mempunyai tool yang dapat melakukan perintah Push/Pull di permukaan melengkung.  Adapun tool push/pull yang biasa kita pakai sekarang ini hanya bisa berfungsi pada permukaan objek yang rata dan simetris.

Untuk membuktikan hal tersebut, kalian bisa coba membuat objek dengan permukaan melengkung setelah itu gunakan tool push/pull kemudian arahkan ke permukaan objek dan hasilnya akan muncul pemberitahuan 'cannot push/pull curved or smoothed surfaces'. Menggunakan tool Move juga hanya akan merusak bentuk objek tersebut.

Lalu bagaimana caranya agar bisa push/pull di permukaan objek yang melengkung dan tidak rata? Jawabanya adalah dengan menggunakan plugin JointPush Pull. Dengan menggunakan plugin ini kalian dapat melakukan push pull di seluruh objek melengkung dengan sangat mudah dan cepat. Plugin ini tersedia secara gratis dan dapat kalian download di situs Sketchucation. Namun sebelumnya kalian harus mendaftar terlebih dahulu, jika males mendaftar kalian bisa download plugin tersebut melalui link berikut ini.

[ Download | Password: tegalwebside.com ] Jointpush Pull

Apabila sudah kalian download, silakan install plugin tersebut. Untuk cara install plugin di Sketchup bisa kalian baca tutorial saya sebelumnya. Saya sudah membuat panduan cara instal plugin untuk versi Sketchup 2016 dan 2017. Tampilan plugin JointPush Pull seperti gambar dibawah ini.
plugin sketchup gratis
Fredo6 Joint push pull

Cara Push/Pull di Permukaan Melengkung dan Tidak Rata

Setelah plugin sudah di install, biasanya tool tersebut akan muncul secara otomatis dilayar kerja. Nah apabila tidak muncul, kalian bisa menampilkanya secara manual dengan cara klik View → Toolbar, setelah itu centang menu Fredo6_JointPushPull.

Untuk menggunakan plugin ini caranya mudah sekali, pertama klik menu Joint Push Pull tulisan J, setelah itu arahkan ke permukaan objek yang diinginkan lalu lakukan push/pull seperti biasa terakhir tekan Enter.
Cara Push/Pull Permukaan Melengkung di Sketchup
Joint Push Pull

Gimana, mudah kan? Dengan tool JointPush Pull, kalian akan lebih cepat merubah atau memodifikasi permukaan objek yang melengkung dengan sangat mudah. Plugin sederhana ini akan bekerja secara otomatis, kalian cukup menentukan ukuran baru yang diinginkan. Apabila kalian masih bingung dengan tutorial diatas, silakan beri tahu saya melalui kolom komentar dibawah ini.

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.