Cara Menggunakan Dome Light Vray SketchUp - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Menggunakan Dome Light Vray SketchUp

domelight vray sketchup

Tegalwebside.com -  Dome light menjadi salah satu tool Vray yang perlu kalian coba. Fungsi utamanya yaitu membuat pencahayaan eksternal. Lebih mirip pencahayaan teknik camera pada vray option, namun pengaturan dome light lebih simpel dan mudah. Selain itu Dome light juga dapat kita manfaatkan untuk membuat background langit secara otomatis, seperti fitur HDRI yang ada pada menu Environment Vray Option.

Saya sendiri sering menggunakan teknik dome light untuk membuat efek hdri pengganti hdri environment di vray option. Karena dengan dome light kita hanya perlu men-setting satu parameter saja. Berbeda dengan HDRI Environment yang mengharuskan kita mengatur 2 parameter yaitu parameter GI Sky dan Reflection /refraction.

Hal tersebut juga berlaku ketika kita menggunakan domelight pengganti camera lighting pada vray option. Alasanya sama seperti penjelasan diatas yaitu tidak ribet. Jika pada Camera ligting kita harus mengatur Shutter speed, Film speed dan F-number, nah kalau menggunakan dome light ketiga pengaturan tersebut tidak digunakan lagi.

Dome light dapat kita manfaatkan sebagai cara alternatif membuat pencahayaan eksternal. Mendapatkan hasil yang sama namun dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

Jadi kesimpulanya bahwa Domelight adalah tool vray yang dibuat dengan menggabungkan 2 parameter vray option yang berbeda  yaitu parameter Environment dan Camera.

Gimana? tertarik mencoba domelight?

Nah bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan domelight di vray sketchup, silakan ikuti panduannya dibawah ini.

Dalam tutorial ini saya masih menggunakan Vray 2.0. Kenapa? Karena laptop saya tidak kuat kalau pake Vray 3.4 atau lebih tinggi lagi. Jangan lupa share artikel ini agar teman teman kalian juga tahu cara menggunakan dome light di vray sketchup.

1# Dome Light Vray SketchUp


  1. Pertama, silakan buka program Sketchup pada komputer/laptop kalian. Dalam tutorial ini akan menggunakan plugin Vray, jadi pastikan Sketchup yang kalian gunakan sudah terinstal plugin tersebut. Jika kalian belum mempunyai plugin vray, kalian dapat mendownloadnya melalui link dibawah ini. 
  2. Download Vray 2.0 for Sketchup 2016 64 bit.
  3. Setelah  itu, buatlah objek terserah kalian. Pada tutorial ini saya sudah menyiapkan model sederhana yang bisa kalian lihat pada gambar screenshoot dibawah ini.
  4. domelight vray sketchup
    domelight vray sketchup
  5. Sip, langkah selanjutnya klik menu domnlight lalu letakan dimana saja terserah kalian. Penempatan dan ukuran domelight tidak mempengaruhi intesitas cahaya yang dihasilkan sebelum kalian men-settingnya. lihat gambar dibawah ini.
  6. domelight-vray-sketchup-tutorial
    domelight-vray-sketchup

  7. Nah setelah ditempatkan sesuai gambar diatas, maka langkah selanjutnya kita setting tool domelight-nya dengan cara klik kanan → V-Ray for Sketchup → Edit light. Setelah itu akan muncul jendela pengaturan seperti gambar dibawah ini.
domelight vray sketchup
domelight vray sketchup

Agar tool tersebut aktif jangan lupa untuk mencentang menu Enable.  Selanjutnya tambah nilai Intensity-nya agar cahaya yang dihasilkan lebih terang. dan terakhir naikan nilai Subdivs-nya untuk menghilangkan noise ketika gambar dirender.
domelight vray sketchup
domelight vray sketchup

2# HDRI Domelight Vray Sketchup

Jika kalian ingin membuat background langit seperti HDRI silakan centang menu 'Use Dome Texture' dan Spherical, setelah itu klik menu M.  maka akan muncul pengaturan baru.

hdri domelight vray sketchup
hdri dome light vray sketchup

Langkah selanjutnya ubah dari none ke TexBitmap, lalu upload file HDRI-nya. Scroll kebawah ubah dari UVWGenChannel ke UVWEnvironment.

domelight vray sketchup
domelight vray sketchup

Terakhir klik render gambar kalian dan lihat hasilnya. Apabila gambar gelap kalian dapat menambah nilai Intensity-nya. Dan ini hasilnya.

domelight vray sketchup


Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.