Cara Setting Material Stainless Steel di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Monday

Cara Setting Material Stainless Steel di Vray Sketchup

Tegalwebside.com -  Tutorial V-Ray for Sketchup kali ini saya akan mencoba membuat material stainless steel, yaps mungkin lebih tepatnya saya akan membuat efek besi, metal dan aluminium.

Didalam pengaturan stainless steel ini saya akan memanfaatkan layer Reflection. Jika sebelumnya layer Reflection lebih sering digunakan untuk membuat material kaca, namun kali ini saya akan mencoba memanfaatkan layer tersebut untuk membuat efek besi mengkilap.

Untuk material dasarnya, saya lebih suka menggunakan material warna. Selain mudah disetting, menggunakan warna sebagai material dasar tidak akan membuat program menjadi berat. Nah jika kita ingin hasil yang lebih powerful, kita bisa menambahkan material Bitmap pada menu konfigurasi.

Oyah satu lagi faktor yang perlu kita perhatikan adalah intesitas cahaya. Karena basic utama dari rendering adalah pencahayaan atau lighting. Gunakan lighting secukupnya dengan intesitas yang seimbang.

Cara Setting Material Stainless Steel di Vray Sketchup
Stainless steel material

Membuat efek stainless steel mengkilap di Vray Sketchup
Tahap pertama adalah siapkan 3D objeknya terlebih dahulu. Nah pada tutorial ini saya menggunakan modeling poci dan bola. Kedua modeling tersebut nantinya akan saya ubah efeknya menjadi material stainless steel yang mengkilap.

Ohyah tutorial ini juga akan menggunakan plugin Vray, oleh kerena itu pastikan program Sketchup yang kalian gunakan sudah terinstal plugin tersebut. Jika kalian belum memiliki plugin V-Ray, silakan download melalui link berikut ini.

  • Nah jika kedua langkah diatas sudah kita siapkan, maka tahap selanjutnya jalankan program Sketchup Vray pada komputer atau laptop, setelah itu buka/import modeling poci yang sebelumnya sudah kita siapkan.
  • Setelah itu, beri material ke modeling tersebut dengan menggunakan warna hitam agar lebih mudah disetting didalam material editor.
Cara Setting Material Stainless Steel di Vray Sketchup
Sketchup

  • Oke sip, selanjutnya kita masuk ke Vray Material Editor (logo M), kemudian kita setting material warna tersebut dengan cara klik Kanan → Create Layer → Reflection
  • Nah pada tahap pengaturan ini, kita akan turunkan nilai Glossiness-nya menjadi 0,8 dan 0,7, setelah itu kita naikan nilai Subdivs-nya menjadi 30. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini. 
Cara Setting Material Stainless Steel di Vray Sketchup
Material editor

  • Ohya satu lagi, jangan lupa klik logo M disamping tulisan Reflection kemudian ganti parameternya dari TexFresnel ke None.
Cara Setting Material Stainless Steel di Vray Sketchup
Material editor

  • Oke sip, Apabila semua parameter sudah disetting, maka langkah terakhir kita bisa tes render untuk melihat hasilnya secara keseluruhan. 

Apabila efek stainless yang dihasilkan dari pengaturan diatas kurang realitistic, kita bisa merubah nilainya pada bagian Glossiness menjadi lebih tinggi, namun jangan terlalu tinggi nanti malah yang muncul efek kaca atau cermin.

Demikian tutorial setting material stainless steel di Vray sketchup, Terimakasih semoga bermanfaat!

Share with your friends

Related Posts

1 comment

  1. Sangat bermanfaat sekali gan, oh yah, untuk tingkat kilahnya bisa diatur lagi gak yah. Thanks

    ReplyDelete

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.