Cara Membuat Cahaya Lampu Bohlam Led Philips di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Monday

Cara Membuat Cahaya Lampu Bohlam Led Philips di Vray Sketchup

Tegalwebside.com - Menggunakan lampu bohlam led sebagai lighting utama pada vray memang tidak cocok untuk sebuah ruangan dengan dimensi yang besar.

Hal tersebut karena intesitas yang dimiliki lampu bohlam tidak sebesar seperti pada rectangle light, camera light dan omni light.

Jika kita memaksakan menggunakan lampu jenis ini sebagai lighting utama, dapat berakibat cahaya yang dihasilkan kurang lembut dan berpotensi menimbulkan munculnya noise pada gambar.

Meskipun begitu, terkadang kita akan tetap menggunakan lighting jenis ini jika intesitas cahaya yang kita butuhkan tidak terlalu terang. Contohnya ketika kita mendapatkan projek dengan tema malam hari.

Penggunaan lighting jenis ini biasanya diperuntuhkan untuk lampu dengan intesitas cahaya kecil seperti lampu tidur dan lampu belajar.

Cara Membuat Cahaya Lampu Bohlam Led Philips di Vray Sketchup
Lampu Bohlam LED

Walau pencahayaan lampu bohlam led tidak terlalu sering digunakan, tapi tidak ada salahnya juga kita belajar cara membuatnya yang mungkin suatu saat dapat berguna.

Seperti pada judul artikel diatas, kali ini kita akan belajar bersama cara mesetting cahaya lampu bohlam LED di vray sketchup. untuk membuat cahaya lampu bohlam led ini, kita akan memanfaatkan pengaturan layer emissive yang diaplikasikan kedalam objek lampu.

Tak hanya itu saja, untuk mendapatkan efek bias dari lampu bohlam tersebut, kita juga akan memanfaatkan sphere light tool yang bisa kita letakan diatas objek lampu.

#Langkah Pertama
Untuk langkah awal, tentu kita harus mempunyai objek lampu bohlam tersebut. Nah untuk mendapatkan objek lampu tersebut kita dapat mendownloadnya melalui link berikut ini. Koleksi lengkapnya dapat kita cari di 3Dwarehouse.

#Langkah Selanjutnya
Untuk langkah selanjutnya, kita dapat masukan objek lampu tersebut kedalam program Sketchup. kita dapat menggunakan metode open dan import.  Jika kita ingin melengkapi gambar yang sudah kita buat, kita dapat menggunakan metode import.

Tutorial ini akan melibatkan mesin render Vray, oleh karena itu pastikan Sketchup yang kalian gunakan sudah terpasang plugin tersebut. Jika belum terpasang silakan download melalui link berikut ini.

Pada tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2016 dan Vray 2.0. Jika kalian menggunakan versi vray yang lebih baru, mungkin tampilan dan konfigurasi akan sedikit berbeda.

#Mulai kita Setting
Oke sip, apabila kedua langkah diatas sudah kita lakukan, maka selanjutnya kita dapat mulai mensettingnya dengan cara sebagai berikut

  • Silakan kalian buat material lampu dengan menggunakan material warna. Setelah itu ganti nama material warna tersebut sesuai keinginan kalian. Mengganti nama material dapat memudahkan kita menemukan material tersebut didalam  Vray Material Editor.
Cara Membuat Cahaya Lampu Bohlam Led Philips di Vray Sketchup
Lampu Bohlam LED

  • Setelah itu, silakan masuk ke Vray material editor kemudian tambahkan layer emissive kedalam material warna tadi. Caranya klik kanan → Create layer → Emissive.
  • Selanjutnya kita ubah nilai colornya menjadi 100, agar cahaya yang dihasilkan menjadi sedikit lebih terang. 
Cara Membuat Cahaya Lampu Bohlam Led Philips di Vray Sketchup
Lampu Bohlam LED

  • Tahap selanjutnya kita gunakan Sphere light dan letakan tepat diatas lampu bohlam tadi. Penggunaan Sphere light bertujuan agar cahaya dapat menjangkau keseluruhan sudut ruangan. 
  • Oke, kemudian kita setting Sphere light tersebut dengan cara klik kanan → V-Ray for Sketchup → Edit light.
Cara Membuat Cahaya Lampu Bohlam Led Philips di Vray Sketchup
Lampu Bohlam LED 

Keterangan: Intesity:200, Invisble: Centang dan Subdivs:100.
Saya jelaskan sedikit, kolom intensity digunakan untuk mengatur gelap atau terang cahaya, semakin tinggi nilai intesity maka cahaya yang dihasilkan akan semakin terang.

Kemudian Invisble digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan sumber cahaya, nah jika kolom invisible dicentang maka sumber cahaya akan tersembunyi.

Terakhir Subdivs yang digunakan untuk mereduce noise yang mungkin muncul di sudut ruangan. Semakin tinggi nilai subdivs yang kita gunakan semakin bening pula gambar yang akan dihasilkan namun dapat membuat proses render menjadi lama.

Apabila semua settingan diatas sudah kita atur, langkah terakhir kita bisa tes Render untuk melihat hasilnya secara keseluruhan.

Untuk sphere light itu sendiri bisa kalian letakan mengikuti letak lampu tersebut. Misalnya jika letak bohlam menggantung diatas dinding, maka kalian bisa memposisikan sphere light dibawah bohlam tersebut.

Demikian tutorial membuat cahaya lampu bohlam led philips di vray sketchup. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.