Cara Install Plugin di Sketchup - Tegalwebside.com -->

Minggu

Cara Install Plugin di Sketchup

Cara Install Plugin di Sketchup

Tegalwebside.com - Tutorial kali ini, kita akan belajar bersama cara install plugin .rbz di Sketchup. Ohyah pasti kita semua sudah pada tau yah apa itu plugin, yaps plugin adalah aplikasi pihak ketiga yang dipasang kedalam program.

Fungsinya untuk mempermudah pengguna saat menggunakan program tersebut, contohnya  Shape bender yang digunakan untuk membuat tulisan melengkung, lalu ada plugin Clothwork yang digunakan untuk membuat dan mensimulasikan efek kain atau karpet.

Nah pada aplikasi Sketchup, terdapat 2 tipe/format plugin yang dapat diinstal pengguna. Pertama plugin dengan type .rb (ruby file) dan yang kedua bertipe .rbz atau zipped ruby file. Namun saat ini hanya plugin .rbz atau zipped ruby file yang paling banyak disupport oleh sistem Sketchup, khususnya pada Sketchup 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Cara Install Plugin .Rbz di Sketchup

Berikut langkah langkah yang dapat kita gunakan untuk menginstal plugin di Sketchup. install plugin di sketchup 2016 caranya sebagai berikut

  • Pertama, buka aplikasi Sketchup 2016.
  • Selanjutnya klik Window → Preferences.
  • Setelah itu klik Extensions → Install Extension...
  • Kemudian cari plugin yang ingin kalian instal.
  • Setelah itu akan muncul popup peringatan, pilih saja Yes

Selesai, biasanya tool plugin akan langsung muncul secara otomatis dan kalian pun bisa langsung menggunakannya. Pada Sketchup 2017 caranya sedikit berbeda karena untuk menginstal plugin kita harus terhubung ke internet. Jika kita sudah terhubung maka kita bisa langsung memasangnya dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama silakan buka Sketchup-nya, setelah itu klik Windows lalu arahkan ke Extentions Manager maka akan terbuka popup instalasi. Langkah terakhir kita tinggal klik Install Extension untuk memasang pluginnya.
Cara Menginstal Plugin .rbz di Sketchup pro 2016 dan 2017

Ada satu hal yang perlu kita perhatikan sebelum menginstal plugin, bahwa meski dapat membantu pekerjaan kita, namun pemasangan plugin berpontensi membuat program semakin berat. Dampak ini akan sangat terasa pada komputer/laptop yang memiliki spesifikasi rendah, jadi sebaiknya pasanglah plugin seperlunya saja.

Demikian tutorial singkat  cara Instal Plugin .Rbz di Sketchup pro . Terimakasih semoga bermanfaat.

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.