5 Tips Cara Render Realistic di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Tuesday

5 Tips Cara Render Realistic di Vray Sketchup

tips render realistic vray sketchup

Tegalwebside.com - Menghasilkan gambar render realistis merupakan suatu pekerjaan yang cukup membutuhkan banyak waktu. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti settingan lighting, material, spek komputer hingga suasana hati sang desainer.

Bagi kita yang baru mengenal dunia rendering, membuat gambar realistis bisa saja termasuk hal yang sulit karena kita harus membuat efek senyata mungkin pada material objek yang di setting. Terlebih jika kita menemui objek dengan susunan material yang kompleks. Nah untuk memudahkan kita menghasilkan gambar render yang realistis, Silakan simak 5 Tips Cara Render Realistic di Vray Sketchup.

Lighting yang Tepat
Lighting menjadi salah satu faktor penting yang dapat menentukan realistis atau tidaknya gambar. Didalam Vray Sketchup itu sendiri, Anda dapat memanfaatkan banyak sumber cahaya seperti IES, Omni, Dome, Camera dan Rectangle light. Hindari melakukan Settingan cahaya (lighting) yang asal asalan karena itu hanya akan memperburuk kualitas gambar rendering Anda. Oleh karena itu, pilihlah sumber cahaya yang tepat sesuai dengan tema dari gambar yang sedang Anda buat.

Material yang Berkualitas Tinggi
Material menjadi kunci utama ketika Anda ingin menghasilkan gambar render yang realistic. Anda dapat menggunakan material seamless yang dikombinasikan dengan pengaturan Bump dan Displacement. Kedua pengaturan tersebut akan semakin membuat gambar render Anda terlihat lebih powerfull.

Baca Juga: 5 Situs Download Material Seamless Gratis Vray Sketchup

Kurangi Noise
Noise merupakan gambar bintik hitam di sekitar objek. Noise biasanya muncul ketika Anda mensetting material dengan nilai reduce yang minim. Untuk menghilangkan noise pada gambar objek, Anda cukup menaikan nilai Subdivsnya pada setiap material yang disetting. Ubah nilai subdivs secukupnya saja untuk menghindari proses render yang lambat.

Baca Juga: Cara Mengurangi Noise di Vray Sketchup

Maksimalkan Pengaturan Ambient Occlusion
Ambient occlusion digunakan untuk mempertajam garis tepi objek sehingga objek akan terlihat lebih hidup dan realistic. Pengaturan nilai AO yang tepat akan membantu Anda menghasilkan gambar render yang bagus.

Baca Juga: Cara Setting Ambient Occlusion Vray Sketchup

Jangan Render Ketika lagi BadMood
Ketika suasana hati sedang kacau, sebaiknya Anda jangan merender dulu. Jika anda memaksa untuk melakukannya maka Anda akan mendapatkan hasil renderan  yang mengecewekan. Karena pekerjaan rendering ini bisa dikatakan sangat tergantung dari suasana hati sang desainer.  Untuk mengembalikan hati yang damai , Anda bisa mencoba menghibur diri dengan bermain game atau berwisata. SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

2 comments

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.