Cara Membuat Lubang Jendela dan Pintu di Sketchup - Tegalwebside.com

Wednesday

Cara Membuat Lubang Jendela dan Pintu di Sketchup

membuat lubang jendela di sketchup

Tegalwebside.com - Membuat lubang pada tembok terkadang kita lakukan ketika kita akan memasang sesuatu yang tertanam pada tembok atau dinding tersebut seperti pintu, jendela, tempat cuci piring, lemari skat dan sebagainya. Begitupun pada sketchup, meski membuat lubang di Sketchup tidak terlalu sulit, namun alangkah baiknya kita mengetahui trik dan tipsnya terlebih dahulu agar kita dapat melubangi tembok tersebut dengan cepat dan rapi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi trik dan tips cara membuat lubang jendela dan pintu di sketchup dengan cepat. Trik ini cukup sederhana, namun dapat memberikan hasil modeling yang bagus saat membuat gambar desain di aplikasi Sketchup. Pada trik melubangi dinding ini, kita akan memanfaatkan rectangle tool dan fitur utama Push and Pull Sketchup. Kedua tool tersebut dapat membantu kita membuat lubang jendela dan pintu didinding tanpa menggunakan plugin.


Trik Membuat Lubang Jendela dan Pintu di Sketchup dengan Cepat 


  • Langkah pertama, langsung saja kita buka program Sketchup pada komputer atau laptop kita.
  • Setelah itu, buat objek yang akan kita lubangi, misalnya disini kita akan mencoba membuat lubang jendela atau pintu pada dinding kotak. Contoh objek dinding tersebut dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Lubang Jendela dan Pintu pada dinding di Sketchup
Sketchup

  • Langkah selanjutnya, kita gambar bentuk garis jendela kotak diatas permukaan objek dinding tersebut. buatlah dengan menggunakan rectangle tool.  
Cara Membuat Lubang Jendela dan Pintu pada dinding di Sketchup
Membuat lubang Jendela

  • Untuk melubangi objek tersebut kita klik tool Push and Pull, lalu arahkan ke garis jendela kotak tersebut, setelah itu tarik ke belakang.
Cara Membuat Lubang Jendela dan Pintu pada dinding di Sketchup
Membuat lubang jendela
  • Dan boom!!! secara otomatis lubang tersebut akan terbentuk mengikuti garis awalnya.
  • Selesai.
Tips nya adalah agar kita dapat melubangi objek jendela dan pintu dengan mudah, langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu buatlah objek dinding tersebut setipis mungkin, agar ketika kita Push and Pull tidak membentuk objek baru.

Demikian tutorial singkat cara membuat lubang jendela dan pintu di Sketchup. Semoga bermanfaat.
Ingin request tutorial seputar Sketchup Vray? yuk kirimkan request kalian melalui kontak kami. 

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.