Awas! Bahaya Tersembunyi di Balik Aplikasi FaceApp - Tegalwebside.com

Saturday

Awas! Bahaya Tersembunyi di Balik Aplikasi FaceApp

Tegalwebside.com - FaceApp merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah wajah pengguna menjadi terlihat lebih tua.  Aplikasi ini kembali populer berkat tantangan #AgeChallenge yang sempat viral beberapa waktu lalu termasuk di Indonesia.

Ditengah kepopulerannya saat ini, kabar tak sedap menghampiri aplikasi FaceApp terkait isu privasi data pengguna. Kekhawatiran pengguna soal keamanan data memang menjadi perhatian khusus. Pasalnya, pihak pembuat aplikasi ternyata dapat menyebarkan, menyimpan, bahkan menjual foto pengguna tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pengguna.

Kemungkinan itu tertulis pada lembar persetujuan dan ketentuan dari aplikasi FaceApp. Bagian tersebut memang jarang di perhatikan dan cenderung buru buru di setujui oleh pengguna tanpa tahu lebih detail mengenai isi ketentuan tersebut.

Jika dibaca lebih teliti lagi, dalam ketentuan layanan FaceApp maka pengguna akan menemukan kalimat yang mungkin saja dapat membuat pengguna enggan menggunakan aplikasi ini. berikut kutipan selengkapnya yang saya rangkum dari  Apple Insider.

"Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, memublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya di hadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apa pun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda". "Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya."

Dari kutipan isi persetujuan tersebut dapat kita ketahui bahwa pihak developer berhak untuk melakukan apapun terhadap data foto pengguna yang tersimpan pada aplikasi. Tak hanya itu saja, FaceApp masih dapat menyimpan foto pengguna, meski foto tersebut sudah dihapus dari ponsel.

Meskipun diterpa isu privasi, FaceApp tetap saja menjadi aplikasi populer dengan jumlah unduhan mencapai 100 juta kali di Play Store. Hal ini membuat FaceApp menjadi aplikasi terlaris nomor dua di aplikasi robot hijau tersebut. SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.