Cara Melihat Spek Komputer tanpa Aplikasi - Tegalwebside.com IBX5A7E1E75B76C6

Cara Melihat Spek Komputer tanpa Aplikasi

Tegalwebside.com - Mengecek spek komputer sebenarnya merupakan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, namun terkadang orang enggan melakukannya dengan berbagai alasan. Mereka yang kurang begitu paham tentang komputer biasanya lebih memilih membaca langsung spesifikasi yang tertulis pada label sehingga mereka tidak tahu persis isi keseluruhan dari komputer yang mereka gunakan.

Mengetahui spek komputer/laptop menjadi syarat wajib ketika kita ingin memasang program atau aplikasi. Karena apabila spesifikasi komputer lebih kecil dari program yang akan dipasang, maka hal itu bisa menyebabkan kinerja komputer semakin melambat dan akibatnya kita tidak bisa menggunakan program tersebut secara maksimal.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kapasitas Baterai Laptop Lewat Cmd

Dengan mengetahui spek komputer, kita mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya kita dapat mengukur kemampuan komputer yang kita gunakan. Kita juga dapat menyesuaikan versi program yang tepat dan melakukan optimasi dengan cara menghapus program yang tidak kita butuhkan.

Kita dapat melakukan pengecekan melalui beberapa langkah dibawah ini. Dengan langkah berikut ini kita dapat melihat spesifikasi komputer pada Windows 7 secara akurat tanpa menggunakan aplikasi.

1. Melalui Sistem Info
Cara pertama ini kita dapat melakukan pengecekan dengan memanfaatkan sistem info dari Windows 7. Untuk mengakses sistem info caranya sebagai berikut.
  • Pertama klik Start
  • Selanjutnya klik kanan pada menu Computer
  • Terakhir pilih Properties
Dan secara otomatis akan menampilkan spesfikasi komputer secara sistem. Kita dapat mengetahui banyak informasi seperti versi sistem operasi, tipe prosesor dan total memori yang digunakan. 
Cara Melihat Spek Komputer tanpa Aplikasi
Windows 7

2. Melalui DirectX Diagnostic Tool
Cara yang kedua, yaitu melalui DirectX diagnostic tool atau biasa kita singkat dengan Dxdiag. Dxdiag merupakan tool bawaan Windows yang berfungsi untuk mengetahui spesifikasi perangkat komputer secara real dan detail. Dengan bantuan tool Dxdiag kita dapat melihat secara detail komponen hardware dan software apa saja yang terpasang dalam komputer/laptop.  Untuk menggunakan tool ini caranya sebagai berikut.
  • Silakan buka menu Run dengan cara tekan logo windows + R secara bersamaan. 
  • Selanjutnya ketikan kata Dxdiag.
  • Kemudian klik Ok atau tekan Enter pada keyboard.
Cara Melihat Spek Komputer tanpa Aplikasi
Dxdiag Windows 7

Setelah itu secara otomatis akan terbuka jendela baru yang berisi informasi tentang spesifikasi komputer seperti Sistem, Display, Sound dan Input. Pada tab System kita dapat menemukan informasi Bios, Direct version, System model serta merek dan seri laptop. Sementara pada tab Display berisi informasi kartu grafis (VGA) seperti merek, kapasitas, tipe, dan ukuran layar. 
Previous
Next Post »

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

;