Cara Kustomisasi Nada Dering dan Nada Notifikasi di Android tanpa Root - Tegalwebside.com

Monday

Cara Kustomisasi Nada Dering dan Nada Notifikasi di Android tanpa Root

kustomisasi nada dering di vray sketchup

Tegalwebside.com - Pengguna Android terkadang sering mengalami kendala ketika ingin mengkustomisasi nada dering atau ringtone pada ponsel mereka. Masalah utamanya yaitu ketika ingin mengganti nada dering/ringtone sesuai selera, namun tidak ada pilihan "ambil dari file lain" atau file tersebut tidak terbaca pada list pilihan nada. Kendala ini pernah saya alami pada ponsel Android Oppo A37, ketika itu saya ingin mengganti nada notifkasi pesan Whatsapp sesuai pilihan saya, tetapi didalam pengaturan nada tersebut tidak terdapat file ringtone yang saya maksud.

So, gimana solusinya?

Beruntung, ada seorang teman di forum yang bersedia membantu saya memecahkan masalah tersebut. Rupanya kendala kustomisasi nada dering ini dapat kita atasi tanpa harus melakukan root pada hp Android kita. Jadi dengan kata lain, kita dapat melakukannya secara manual.

Baca Juga:
Nah untuk kalian yang sedang mengalami masalah serupa, jangan khawatir karena disini saya sudah menyiapkan tutorialnya. Ingat bahwa, cara ini sama sekali tidak mengharuskan kita untuk melakukan rooting. Silakan baca panduanya dibawah ini
  • Pertama, silakan kalian buka File Manager/Pengelola File.
  • Setelah itu buka penyimpanan internal.
  • Kemudian kalian cari folder Android → Media. Jika tidak ada folder Media silakan kalian buat secara manual namun letaknya tetap didalam folder Android.
Cara Kustomisasi Nada Dering dan Nada Notifikasi di Android tanpa Root

  • Lalu buatlah satu folder lagi didalam folder Media, namun ganti namanya dengan Audio.
  • Selanjutnya buatlah 3 folder didalam folder Audio dengan masing masing folder bernama Alarms, Notifications dan Ringtones. sehingga hasil akhirnya akan seperti ini:
→Android/Media/Audio/Alarm
→Android/Media/Audio/Notifications
→Android/Media/Audio/Ringtones

Sekarang kalian tinggal memindahkan file ringtone kalian kedalam folder dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Apabila kalian ingin file ringtone tersebut menjadi Nada dering, silakan copy dan pastekan kedalam folder  Ringtones.
2. Apabila kalian ingin file ringtone tersebut menjadi Nada Notifikasi, silakan copy dan pastekan kedalam folder Notifications.
3Apabila kalian ingin file ringtone tersebut menjadi Nada Alarm, silakan copy dan pastekan kedalam folder Alarms.

Penting!: Ketika kalian ingin membuat folder, pastikan huruf awalnya menggunakan huruf kapital. Namun apabila semua folder tersebut sudah ada, maka kalian tidak perlu lagi membuatnya dan tinggal copy pastekan saja file ringtonenya.
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.