5 Software Gratis Pencari Driver Laptop/Komputer - Tegalwebside.com

Monday

5 Software Gratis Pencari Driver Laptop/Komputer

Tegalwebside.com - Menginstal ulang sistem operasi pada komputer terkadang kita lakukan ketika kinerja komputer semakin melambat. Meskipun secara teknis kita sudah melakukan instalasi dengan benar, akan tetapi pada dasarnya komputer atau laptop tersebut belum bisa digunakan secara optimal. Hal demikian dapat kita atasi dengan cara melakukan instalasi Driver.

Driver komputer/laptop itu sendiri biasanya sudah disediakan oleh vendor dalam bentuk CD/DVD yang didapatkan saat membeli perangkat tersebut. Namun demikian terkadang masih dapat kita temui permasalah yang sering terjadi sekarang ini. Contoh kasusnya adalah ketika Driver yang kita miliki tidak kompatibel dengan versi OS yang kita gunakan atau pada perangkat yang tidak memilki CD/DVD ROM. Maka salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menggunakan software pencari driver otomatis.

Baca Juga: Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Software tersebut akan bekerja dengan melakukan scanning secara otomatis untuk mencari driver yang kompatibel dengan perangkat dan kemudian menampilkan link untuk selanjutnya dapat kita download.

Nah berikut ini 5 Software gratis pencari driver laptop/komputer.

1. Driver Booster 
Software ini cukup populer digunakan untuk mencari driver laptop/komputer secara online. Driver Booster memiliki  2.500.000 database file driver dari berbagai vendor laptop dunia seperti Intel, AMD dan Nvidia. Berbagai file driver penting dapat kalian temukan melalui software ini, Kalian cukup melakukan scan dan secara otomatis Driver Booster akan mengidentifikasi file driver yang laptop kalian butuhkan, terakhir kalian tinggal mendownloadnya melalui link yang tersedia.

Driver Booster akan melakukan pembaharuan (update) ketika mendeteksi driver lama yang terinstal pada perangkat sudah tidak kompatibel (outdate). Untuk menjaga performa perangkat tetap optimal maka pengguna disarankan untuk mendownload versi driver yang paling terbaru.
Driver Booster
Download | Alternatif 

2. Driver Easy
Driver Easy menawarkan kemudahan dalam menemukan berbagai jenis driver yang kalian butuhkan. DriverEasy memilki 8.000.000 database driver yang terdiri dari driver grafis, sound, system device, USB, Wifi, Bloetooth dan masih banyak lagi.  Semua driver tersebut dapat kalian temukan pada software DriverEasy, sehingga kalian tidak usah lagi mencari driver laptop dari software pencari driver sejenis.

Kalian dapat memperbahuri driver yang sudah ada dengan hanya 1 klik dan secara otomatis DriverEasy akan menemukan file driver yang cocok dan kompatibel dengan perangkat komputer/laptop kalian. DriverEasy mendukung sistem operasi Windows 7, 8.1 dan 10.
Driver Easy
Download | Alternatif

3.  3DP Net
3DP Net hadir sebagai solusi untuk kalian yang kesulitan mencari driver Wireless (Wifi) pada laptop. Software ini memang di khususkan membantu pengguna mencari driver berbasis jaringan (network). Cara kerja 3DP Net cukup sederhana yaitu melakukan identifikasi perangkat untuk menemukan file driver yang kompatibel yang kemudian menampilkannya pada pengguna dan selanjutnya pengguna dapat mendownload file driver tersebut.

3DP Net memiliki tampilan interface yang sederhana dibanding 2 software pencari driver diatas, sehingga terkadang pengguna sedikit bingung saat menggunakan software ini, Namun dibalik tampilan interface yang sederhana, terdapat banyak fitur yang mungkin tidak ditemukan di software sejenis.  3DP Net dapat bekerja optimal hampir disemua versi Windows seperti Windows Server 2003, XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10 dan Server 2008R2.
3DP Net
Download | Alternatif

4. DriverPack Solution
Software ini sudah tidak asing lagi dikalangan teknisi komputer sebagai software terbaik yang direkomendasikan untuk mencari driver secara online. DriverPack Solution hampir memiliki semua driver dari pabrikan laptop ternama dunia seperti Lenovo, Acer, Asus, HP, LG, Sony, Toshiba, Dell, MSI, Panasonic dan masih banyak lagi.

DriverPack Solution bekerja dengan cara mengidentifikasi perangkat yang kemudian menampilkannya kepada pengguna. Software ini tersedia secara online dan offline. Namun pada versi offline ukurannya sangat besar yaitu sekitar 2 GB. Kabar baiknya DriverPack Solution dapat digunakan pada Windows XP, 7 ,8, 8.1 dan  Windows 10.
Driverpack Solution
Download | Alternatif

5. DriverMax
DriverMax dikembangkan sebagai solusi lengkap yang dapat memecahkan permasalahan driver pada komputer kalian. DriverMax menawarkan fitur instalasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.  Dengan 2.300.000 database driver memudahkan pengguna melakukan update, backup dan restore outdate.

DriverMax bekerja dengan cara menganalisa semua komponen komputer dan selanjutnya menampilkan jenis driver yang bermasalah. DriverMax mendukung sistem operasi berbasis Windows 32 dan 64 bit. Pengguna juga dapat menemukan driver untuk Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 dan 10 serta semua versi Windows Server.
DriverMax

Download | Alternatif

Baca Juga: Cara Membersihkan file Sampah di Komputer/Laptop

Demikan 5 Software gratis yang dapat kita gunakan untuk mencari driver laptop/komputer. Walaupun tidak sepenuhnya gratis namun 5 software tersebut dapat membantu menemukan driver yang kita butuhkan sehingga komputer berkerja dengan lebih optimal. SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.