Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup - Tegalwebside.com
Welcome

Tuesday

Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup

Tegalwebside.com - Ambient Occlusion atau AO secara sederhana dapat diartikan sebagai pengaturan khusus Vray yang digunakan untuk menghasilkan gambar render yang tajam dan detail khususnya pada bagian tepi dan sudut objek. Ambient Occlusion dapat kita temukan pada tab menu Indirect illumination (GI).
Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup
Indirect illumination

Berdasarakan percobaan yang telah saya lakukan, saya mengambil kesimpulan bahwa dengan mengatur nilai Ambient Occlusion saya dapat menghasilkan kualitas gambar render yang lebih baik, dibandingkan jika saya mengaturnya secara default.  Dan mungkin ini juga termasuk salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kualitas render di vray selain menggunakan pengaturan material.

Baca Lagi:  Cara Mengaktifkan Fitur AutoSave di Sketchup

Sebagai perbandingan, disini saya sudah menyiapkan beberapa sampel gambar yang dirender dengan nilai Ambient Occlusion yang berbeda. Gambar sampel ini  akan menunjukan perbedaan yang cukup kontras antara satu sama lain.

1. Gambar sampel A dengan pengaturan Indirect illumination default. Artinya disini saya tidak mengaktifkan nilai Ambient Occlusion.
Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup
Ambient Occlusion: Default

2. Gambar sampel B dengan mengaktifkan Ambient Occlusion dan mengatur nilai pada 3 parameter utama yaitu Amount, Subdivs, dan Radius.
Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup
Ambient occlusion: On

3. Gambar sampel C dengan mengaktifkan Ambient Occlusion dan mengatur nilai maksimal pada 3 parameter utama yaitu Amount, Subdivs, dan Radius.
Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup
Ambient occlusion: On Max

Dari ketiga gambar sampel diatas dapat kita lihat perbedaan kualitas yaitu pada sudut dan sisi objek tersebut. Pada gambar sampel  A yang saya setting default bagian tepi dan sudut terlihat tidak memiliki kepadatan dan batas garis objek sehingga objek terlihat menyatu dan kurang realistis. Sementara itu, pada sampel gambar B dan C terdapat efek yang memperjelas batas sudut antar objek sehingga tidak terlihat menyatu.

Baca Lagi: Tutorial Sketchup Dasar untuk Pemula

Nilai pengaturan diatas bukan sebagai acuan untuk menentukan nilai pada Ambient occlusion.  Nilai pada gambar sampel tersebut hanyalah sebagai bantuan agar kita semua dapat lebih memahami dalam melakukan pengaturan AO.

Demikian tutorial singkat Fungsi Pengaturan Ambient Occlusion di Vray Sketchup. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu menambah kualitas gambar render kita.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done