Cara setting omni light di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Monday

Cara setting omni light di Vray Sketchup

Cara setting omni light di Vray Sketchup

Tegalwebside.com - Pemakaian sumber cahaya yang tepat merupakan langkah awal yang dapat menentukan bagus atau tidaknya sebuah gambar hasil proses render di Vray Sketchup. Didalam plugin Vray itu sendiri terdapat cukup banyak sumber pencahayaan yang dapat kalian manfaatkan dan salah satu sumber cahaya lampu yang cukup keren ialah Omni light.

Omni light adalah plugin cahaya khusus Vray yang dapat digunakan untuk membuat area lampu fisik secara akurat.  Penggunaan Omni light sering di aplikasikan kedalam projek gambar berlatar belakang interior dan biasanya omni light ditempatkan untuk menghasilkan pencahayaan lampu yang berada dibagian atas bangunan misalnya lampu bohlam (bulb). Omni light juga dapat menjadi sumber cahaya alternatif selain IES light.

Baca Juga: Cara Setting IES light di Vray Sketchup

Pengaturan untuk Omni light tidak jauh berbeda dengan pengaturan IES light ataupun Rectangle light. Well, untuk membuat cahaya lampu omni light caranya cukup sederhana. Oke langsung saja perhatikan langkah - langkahnya dibawah ini.

  • Pertama, Silakan buka aplikasi SketchUp kalian.
  • Setelah itu klik ikon Omni light.
Cara setting omni light di Vray Sketchup
Omni light tool

  • Selanjutnya tempatkan Omni light tersebut kedalam tempat lampu yang sebelumnya sudah dibuat. (lihat gambar dibawah ini)
    Cara setting omni light di Vray Sketchup
    Omni light tool

    • Kemudian klik kiri objek Omni light tersebut, lalu klik kanan → V-Ray for Sketchup → Edit light. (lihat gambar dibawah ini)
    Cara setting omni light di Vray Sketchup
    Omni light tool

    • Setelah itu akan muncul kotak pengaturan Omni light-nya. Kemudian atur sebagai berikut pertama jangan lupa centang pada bagian Enabled. Kolom Intensity digunakan untuk mengatur intensitas cahaya yang dihasilkan, lalu pada bagian Options pilih mode Inverse dan terakhir tambahkan nilai Shadow Subdivs agar bayangan gambar terlihat lebih halus. 
    Cara setting omni light di Vray Sketchup
    Omni light tool

    • Jika settingan Omni light diatas sudah diatur dengan benar, terakhir silakan klik Render untuk melihat hasilnya. 
    Hasil render 

    Bentuk cahaya yang dihasilkan dari Omni light sekilas hampir sama dengan model IES light. Bedanya kalau di IES light kita harus mengupload sebuah file khusus IES, namun di Omni light kita hanya perlu mengatur Intensitasnya saja untuk mendapatkan penerangan yang ideal.

    Jadi gimana? untuk pencahayaan Interior kalian lebih suka pakai yang mana? IES atau Omni light.

    Demikian Cara setting omni light di Vray Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat.

    Share with your friends

    Related Posts

    2 comments

    1. Pakai Vray versi berapa ya Pak? apa compatible juga dengan sketchup 2017? terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. halo Archazaint, disini saya menggunakan Vray 2.0 dan Untuk Sketchup 2017 sekarang hanya kompatibel dengan Vray 3.4. Terimakasih

        Delete

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.