Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools - Tegalwebside.com

Tuesday

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

Cara submit artikel Blog ke Bing Webmaster Tools

Tegalwebside.com - Bing merupakan mesin pencari populer kedua yang paling banyak digunakan setelah Google, dengan jumlah pengguna bulanan aktif terbesar kedua menjadikan bing menjadi tempat yang potensial untuk mendatangkan trafik secara signifikan. Bagi blog yang kesulitan untuk nangkring dilaman pertama pencarian google, mungkin Bing bisa menjadi alternatif mesin pencari yang bisa kalian coba untuk mendongkrak trafik harian blog kalian
.
Baik Bing maupun Google kini sudah dilengkapi dengan fitur Webmaster Tool yang bisa digunakan untuk mengelola blog agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Caranya dengan mendaftarkan blog kalian  kedalam webmaster tool tersebut yang kemudian melakukan konfigurasi yaitu mensubmit sitemap blog yang bertujuan untuk memerintahkan robot perayap untuk meng-crawl seluruh isi dari blog kalian.

Dengan demikian mesin pencari akan lebih mudah menemukan url url blog yang kemudian mengindeksnya dan selanjutnya menampilkanya ke laman pencarian ketika user mencarinya dengan kata kunci yang relevan.

Selain itu, fitur lain webmaster tool dari bing dan google ialah dapat memudahkan admin blog untuk mengetahui masalah masalah yang mungkin muncul ketika robot melakukan perayapan. hal ini dapat di ketahui dari laporan yang tersedia dari kedua tool tersebut. Informasi yang tersedia kemudian dapat dianalisa yang selanjutnya menjadi bahan refrensi untuk meningkatkan kinerja blog di mata search enginer.

Cara mendaftar bing webmaster agar blog cepat terindeks
Bing webmaster tool merupakan tool web yang disediakan oleh Microsoft yang digunakan guna membantu para admin web untuk meningkatkan kinerja blog dimesin pencari. Untuk mendaftarkan blog ke bing webmaster tool syaratnya cukup mudah, yaitu kalian hanya perlu mempunyai email yang selanjutnya digunakan untuk login dan kabar baiknya bahwa peraturan baru memungkinkan pengguna untuk registrasi menggunakan gmail.
Untuk mendaftarkan blog ke bing webmaster tool caranya sebagai berikut:
  • Silakan masuk ke https://www.bing.com/toolbox/webmaster.
  • Selanjutnya klik Sign up, setelah itu pilih signup menggunakan akun gmail.
Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

  • Kemudian silakan masukan url blog kalian pada kolom My Sites (add a sites) dan selanjutnya klik add. bisa menggunakan www ataupun non www.
  • Selanjutnya kalian akan di arahkan untuk mengisi form pendaftaran. 
Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools
Keterangan:
→ URL: berisi url blog kalian.
→ Add a sitemap: silakan isi sitemap blog kalian dengan format https://blog-kamu.com/sitemap.xml.
→ First name & Last name: isi dengan nama depan dan nama belakang kalian.
→ Job role: berisi jenis pekerjaan kalian atau isi dengan 'blogger'.
→ Company or organization name dan Company or organization size: isi dengan nama perusahaan kalian, silakan isi sembarang.
→ Industry: pilih sesuai topik pembahasan blog kalian.
→ Contact phone: isi dengan nomer telepon.
→ City: isi dengan nama kota kelahiran.
→ State/Provinci dan Zip/Postal code: isi dengan nama provinsi dan kode pos wilayah kalian tinggal.
→ Country or region: isi dengan nama negara.
→ I am an agency, not a site owner: jangan centang kotak ini karena blog yang didaftarkan milik kalian. Apabila semua data sudah kalian isi, silakan klik Save

Verifikasi blog di bing webmaster tool
Langkah selanjutnya, kalian akan disuruh melakukan verifikasi situs berupa kode meta tag yang harus ditempel pada laman HTML blog. Untuk verifikasi blog di bing webmaster caranya sebagai berikut:
  • Silakan masuk ke dashboard blogger → Tema →  pilih mode Edit HTML.
  • Copy dan pastekan kode verifikasi bing webmaster tool tepat dibawah kode <head> , kemudian simpan, gunakan Ctrl + F untuk mempermudah mencari kode tersebut.

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

  • Setelah kode verifikasi berhasil ditempel pada template blog, langkah selanjutnya klik Verify.
Pada tahap ini kalian sudah berhasil mendaftarkan blog ke webmaster tool dan kemudian melakukan verifikasi, dengan melakukan verifikasi maka blog kalian sudah terdeteksi oleh mesin pencari bing, dan robot bing siap merayapi blog kalian.

Melakukan submit sitemap blog di bing webmaster tool
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa submit sitemap blog akan menentukan cepat atau lambatnya sebuah blog dapat diindeks oleh mesin pencari.
Untuk melakukan submit sitemap caranya mudah sekali, silakan kalian login dan masuk ke dashboard bing webmaster tool, kemudian pada sisi kiri pilih tab Configure My Site → Sitemaps. Masukan sitemap blog kalian pada kolom nomer 2 kemudian klik submit
Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

Melakukan Fetch as Bingbot
Fitur ini sebenarnya sama seperti fetch as di google, pengguna disarankan melakukan fetch as bingbot setelah selesai menulis yang bertujuan mengundang robot bing untuk merayapi keseluruham laman artikel. Untuk melakukan fetch as bingbot caranya sebagai berikut:
  • Silakan masuk ke dashboard bing webmaster tool.
  • Kemudian scrol menu kebawah pada sisi sebelah kiri.
  • Selanjutnya  pada tab Diagnostics & Tools pilih Fetch as bingbot.
  • Setelah itu masukan URL postingan kedalam form, lalu klik Submit
Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools


Seiring dengan menambahnya postingan blog, kalian harus rutin melakukan submit ulang sitemap ke webmaster tool agar setiap postingan baru yang terbit dapat dengan mudah diindeks oleh mesin pencari.

Demikan tutorial Cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool, semoga tutorial ini bisa menambah wawasan kalian tentang dunia blogging dan Seo.
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.