Cara menghapus postingan blog dengan benar - Tegalwebside.com -->

Senin

Cara menghapus postingan blog dengan benar

Menghapus postingan diblog sebenarnya cukup mudah untuk kita lakukan, kita bisa saja menghapusnya dengan cara seperti biasanya. Namun tahukah kalian, jika artikel yang kita hapus melalui dashboard blogger tidak begitu saja terhapus sepenuhnya, meskipun secara teknis kalian sudah menghapusnya dengan benar tapi kemungkinan besar artikel kalian akan masih tetap muncul dilaman pencarian google, hal ini karena google masih mengindeks URL postingan tersebut didalam database mereka.

Apabila kalian menghapus postingan dengan cara seperti ini maka bisa saja blog kalian akan penuh dengan kode 404 atau apabila link diklik maka laman tidak ditemukan dan hal inilah penyebab yang menjadikan blog kalian dipandang buruk dimata mesin pencari.

Penghapusan postingan blog yang tidak menyeluruh akan menyebabkan kesalahan crawl pada saat robot google melakukan perayapan, namun untuk blog yang masih baru sepertinya cukup dengan menghapus postingan didalam dashboard blogger saja.

Beberapa alasan mengapa harus menghapus postingan padahal artikel/postingan tersebut sudah masuk dihalaman pertama google.

Sudah pasti, setiap tindakan pasti mempunyai latarbelakang dan alasan tersendiri, termasuk menghapus postingan diblog, pada beberapa kasus seperti yang saya lakukan, alasan menghapus postingan blog karena konten yang saya tulis terdeteksi melanggar syarat dan ketentuan google dan hal ini tentu akan sangat sulit diterima apabila suatu saat blog saya mengikuti program monetise google adsense. Selain itu, kebiasaan copy-paste artikel yang sempat dulu saya lakukan sempat membuat blog tersebut terkena hukuman google sandbox.

Apabila kalian memutuskan akan menghapus postingan blog, maka perhatikan langkah-langkah berikut ini agar kalian dapat melakukannya dengan benar dan blog kalian tetap nyaman, aman dan Seo untuk para pengunjung.

Menghapus postingan blog melalui dashboard blogger

Langkah pertama kalian dapat melakukannya melalui dashboard blogger. ini merupakan cara yang biasa blogger pemula lakukan ketika mereka ingin menghapus postingan blog. Caranya sebagai berikut:

  • Silakan masuk ke akun blogger.
  • Pada dashboard blogger, silakan pilih tab Postingan.
  • Selanjutnya cari artikel yang akan dihapus.
  • Setelah itu pada menu, silakan klik kanan → Copy link address.
    Cara menghapus postingan blog
  • Buka program notapad dan pastekan link tersebut di notepad.
  • Balik lagi ke tab Postingan dan terakhir klik hapus artikel tersebut.

Setelah langkah pertama selesai lanjutkan langkahnya pada tahap kedua dan langah - langkah ini biasa saya lakukan untuk menjaga blog saya tetap SEO.

Menghapus postingan lewat Google Search Console

Langkah kedua ini wajib kalian lakukan agar postingan blog yang dihapus tidak ditampilkan dilaman penelusuran. Tindakan ini juga untuk memberitahu mesin Google agar tidak meng-index halaman yang dihapus tersebut.

  • Silakan masuk ke dashboard Google Search Console.
  • Setelah itu pilih properti blog yang sudah terdaftar.
  • Pada menu sebelah kiri silakan klik menu Penghapusan
    Cara Menghapus postingan blog
  • Selanjutnya klik Permintaan Baru.
  • Kemudian masukan url postingan yang ingin anda hapus.
  • Setelah itu silakan kirim permintaan untuk memeritahkan sistem google manghapus URL artikel tersebut dan tidak menampilkannya dilaman mesin pencarian
    Cara menghapus postingan blog

Setelah kalian mengikuti langkah diatas berarti kalian sudah berhasil menghapus postingan blog dengan benar, aman dan seo friendly. Untuk proses penghapusan oleh sistem google sendiri membutuhkan waktu 1 sampai 3 hari sebelum artikel kalian benar - benar akan hilang dari internet.

Demikian Cara menghapus postingan blog dengan benar, aman dan seo friendly. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghapus broken link yang menumpuk pada blog.

Share with your friends

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.