5 Software Yang Wajib Dipakai oleh Desainer Grafis Pemula - Tegalwebside.com

Sunday

5 Software Yang Wajib Dipakai oleh Desainer Grafis Pemula

kumpulan Software Yang Wajib Dipakai oleh Desainer Grafis Pemula

Tegalwebside.com - Desain grafis sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Hampir setiap informasi yang disampaikan tentu akan menggunakan gambar visual sebagai pelengkapnya. Saat ini peran desainer grafis cukup penting termasuk didalam dunia usaha, Banyak sekali perusahaan yang memperkerjakan para desain grafis untuk membuat desain promosi produk yang unik dan menarik. Gajinya pun cukup lumayan besar lho!

Dengan gaji yang lumayan besar ini, desainer grafis menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Namun, untuk menjadi seorang desainer grafis yang profesional banyak hal yang perlu kalian pahami. Bahwa desain grafis merupakan salah satu seni visual yang menggabungkan banyak keterampilan seperti pengolahan editing gambar, ilustrasi dan konsep.

Baca Juga: Cara Merubah Foto menjadi Kartun Secara Online

Semakin canggihnya perkembangan teknologi komputer saat ini melahirkan berbagai macam aplikasi desain grafis yang dapat menjadi pilihan bagi para desainer grafis pemula maupun profesional. Berikut ini 5 Software yang wajib dipakai oleh desainer grafis pemula yang saya rekomendasikan untuk kalian gunakan.

5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik Untuk Pemula

1. Adobe Photoshop CC
Photoshop menjadi software desain grafis pertama yang saya rekomendasikan untuk kalian gunakan. Walaupun Software ini dirancang sebagai aplikasi editing yang di khususkan untuk memanipulasi objek gambar, Namun fitur yang ada didalamnya dapat kalian manfaatkan untuk pembuatan desain logo, banner, spanduk, stiker dan masih banyak lagi.

Kalian tidak akan kesulitan untuk menemukan panduan penggunaan software ini, karena hampir semua blog dan chanel youtube menyediakan konten yang membahas pengunaan photoshop dari mulai tingkat dasar sampai tingkat profesional.

Baca Juga: Cara Edit Foto Ikan Paus Melayang di Langit dengan PS

2.  Adobe Ilustrator
Ilustrator merupakan software desain grafis serupa Photoshop namun memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap. Ilustrator dirancang khusus untuk pembuatan desain yang lebih kompleks dan detail.
Kalian dapat membuat gambar vector, flat design, ilustrasi ,sketsa, kartu nama, logo perusahaan, logo website, banner, ikon aplikasi, kartun dan masih banyak lagi.

Pengolahan gambar vektor di Ilustrator mempunyai kelebihan dimana gambar tidak akan pecah ketika di zoom atau scalling.

3. CorelDraw 
Memiliki fungsi lengkap yang dibutuhkan oleh para desainer grafis, CorelDraw menjadi software yang wajib kalian gunakan jika ingin menjadi seorang desainer grafis profesional.
CorelDraw menyajikan kemudahan dalam pengolahan gambar berbasis vector dan menjadi standar software yang wajib digunakan didalam dunia percetakan (digital printing).

CorelDraw memiliki segudang tool yang dibutuhkan dalam proses pembuatan logo, banner, spanduk, cover buku, majalah, kartu nama, undangan dan berbagai gambar desain lainnya.

4. Inkscape
Inkscape merupakan Software desain grafis ringan yang dapat digunakan di PC dengan spesifikasi menengah.  Software ini bisa menjadi alternatif para desainer  yang belum mempunyai perangkat komputer spesifikasi tinggi.

Inkscape dapat membuat desain berbasis vector, walaupun proses pembuatan desain di Inkscape tidak secepat di Corel dan Ilustrator. Kabar baiknya bahwa Inkscape masih tersedia gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja pada platform Windows, Linux dan Mac OS.

5. Adobe InDesign
Merupakan produk unggulan Adobe yang menjadi rujukan para desainer profesional untuk membuat desain layout yang mengagumkan. InDesign menyediakan tool dan fitur keren khas produk Adobe yang belum tentu kalian temukan di software grafis sejenis.

InDesign cukup ideal untuk pembuatan desain layout majalah, brosur, poster dan buku. Kemampuan ini yang membuat InDesign menjadi software andalan bagi banyak perusahaan untuk membuat desain layout majalah digital.

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.