5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog - Tegalwebside.com
Recent Post

Tuesday

5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog

Tegalwebside.com - Mengoptimalkan SEO merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendongkrak posisi website di mesin pencari. Penerapan SEO pada situs web memiliki peran penting dalam menentukan posisi situs yang bertujuan agar situs tersebut mudah di temukan melalui keyword atau kata kunci yang relevan pada halaman hasil penelusuran.
Free SEO Tools
Free SEO Tool

Dalam dunia blogging, pemahaman dasar seorang blogger mengenai SEO (Search Enginer Optimization) akan sangat membantu dalam menaikan trafik dan kunjungan organik dari mesin pencari. Hal ini didasari dari algoritma mesin pencari yang setiap tahunnya mengalami pembaharuan guna meningkatkan tingkat relevansi kata kunci terhadap konten dari sebuah blog atau website.

Baca Juga: Dampak Update Algoritma Google 2019

Ada banyak Tool SEO yang bisa kalian temukan, baik gratis maupun berbayar. Kesemua Tool tersebut memiliki beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari analisa riset keyword, mengetahui jumlah backlink sebuah website hingga memberikan saran agar blog menjadi SEO friendly dimata mesin pencari.

Bagi blogger pemula seperti saya, menggunakan SEO Tool berbayar merupakan hal yang memberatkan, karena anggaran keuangan yang saya miliki belum cukup untuk berlangganan layanan SEO Tool tersebut.

Namun saya masih beruntung, karena tersedia Tool SEO gratis yang mempunyai banyak fitur unggulan yang dapat membantu blog saya menjadi SEO Friendly.
Berikut 5 SEO Tool gratis yang wajib kalian gunakan untuk mengoptimisasi blog atau website.

1. Google Search Console
Google Search Console (sebelumnya bernama Google Webmaster Tool) merupakan tool khusus yang disediakan Google secara gratis. Tool ini dapat kalian gunakan untuk menganalisa kinerja sebuah website, mengecek broken link, mengetahui internal keyword populer, mengetahui kesehatan situs dan masih banyak lainnya. Tool ini akan menganalisa perilaku user sehingga membantu kalian dalam menentukan keyword yang tepat. Selain itu, Google Search Console juga dapat memudahkan kalian memonitoring kesalahan pada saat robot  melakukan perayapan (Crawling).

Baca Juga: Cara Submit URL dan Sitemap di Google Search Console

Info uniknya bahwa ada beberapa kalangan blogger yang berpendapat kalau tool ini juga mempunyai pengaruh besar terhadap cepat atau lambatnya sebuah postingan terindeks oleh Google.
5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog
Google Search Console

2. Google Analityc
SEO tool gratis kedua yang wajib kalian gunakan adalah Google Analityc. Tool ini memberikan informasi data statistik situs yang cukup lengkap, dengan tool ini kalian dapat mengetahui trafik harian secara real time, mingguan, bulanan dan tahunan dengan detail. Fitur premium yang dapat ditemukan pada versi gratis ini menyajikan informasi detail mengenai darimana asal negara pengunjung, perangkat yang digunakan pengunjung, layanan provider yang dipakai pengunjung, artikel yang paling banyak di klik pengunjung, hingga durasi pengunjung singgah diblog kita.
5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog
Google Analityc

3. Keyword Everyware
Tool ini cukup populer digunakan untuk meriset keyword potensial. Data yang ditampilkan melalui tool ini meliputi statistik dasar volume pencarian, tingkat persaingan pencarian terhadap kompetitor, dan CPC (cost per click) atau biaya per klik.
Keyword Everyware juga menyediakan ekstensi atau plugin yang dapat di pasang pada browser Chrome dan Firefox, dengan plugin ini kalian dapat langsung melihat saran keyword yang muncul secara otomatis, peringkat situs, artikel yang terindeks mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, Yandex), trafik situs dan masih banyak lainnya.
5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog
Keyword Everywhere Web
5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog
Keyword Everywhere Chrome Extension

4. Google PageSpeed Insight
Kecepatan loading sebuah situs merupakah salah satu faktor yang akan menentukan nasib situs tersebut di hasil penelusuran. Untuk itu, setiap pemilik situs web harus benar benar memperhatikan skor kecepatan loading di situsnya, baik di tampilan desktop maupun mobile. Pembaharuan algoritma  menyebutkan Google akan lebih memprioritaskan website yang mempunyai skor kecepatan diatas 80% pada tampilan desktop dan mobile, namun bukan berarti dengan begitu web dengan skor speed dibawah 80% tidak bisa masuk halaman utama hasil penelusuran. Karena dalam SEO, content is king, konten yang bagus dan berkualitas merupakan syarat utama yang akan mengantarkan sebuah website nangkring di posisi pertama laman pencarian.

Baca Juga: Cara Pasang Kode Lazyload di Blog

Dengan menggunakan tool ini, kita bisa mengetahui kecepatan loading website kita sendiri. Tool ini akan menganalisa struktur data yang ada dalam situs yang kemudian menampilkan sumber permasalahanya beserta saran dan perbaikan yang harus dilakukan oleh pemilik situs.
5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog
PageSpeed Insight

5. Copyscape
Tool ini saya rekomendasikan untuk kalian yang sering memakai jasa penulis atau membeli artikel dari orang lain. Dengan tool ini kita dapat mengetahui apakah artikel yang kita beli mengandung unsur plagiat atau copy-paste milik orang lain. Konten plagiat harus kalian hindari jika ingin situs web yang kalian kelola mempunyai rating yang bagus dan juga SEO.
Laman blog yang mengandung unsur pejiplakan akan dipandang buruk oleh mesin pencari dan lambat laun konten tersebut akan hilang dari SERP atau terkena deindex.
5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog
Copyscape

Selain 5 SEO Tool Gratis diatas, sebenarnya masih banyak SEO tool gratis lain yang bisa kalian gunakan untuk mendongkrak posisi situs dihasil penelusuran. Berikut SEO Tool alternatif yang saya rekomendasikan untuk kalian coba.
  • SEMrush (versi gratis) 
  • Ubersuggest
  • Testmysite.io
  • Google trends
  • GT Matrix
  • SEOquake
  • Mergewords.com
  • Smallseotool.com

Dalam membangun sebuah blog yang sukses setiap orang membutuhkan waktu yang lama serta proses belajar yang panjang. Jadi jangan menganggap mereka yang telah sukses didunia blogging hanya belajar satu malam.
Untuk menjadi blogger yang sukses kuncinya hanya satu, yaitu jangan pernah menyerah untuk belajar menaklukan mesin yang diciptakan dari rangkaian kode digital.

Demikian informasi singkat mengenai 5 SEO Tool Gratis yang Wajib Kamu Gunakan untuk Optimasi Blog. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

2 comments

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunkunjungi juga website kami di https://jos.co.id
    Semoga sukses selalu

    ReplyDelete

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done