Penyebab dan Cara Mengatasi Program Not Responding - Tegalwebside.com

Friday

Penyebab dan Cara Mengatasi Program Not Responding

Penyebab dan Cara Mengatasi Program Not Responding

Tegalwebside.comPenyebab utama dan cara cepat mengatasi permasalah program not responding pada komputeri berbasis Windows. Pernahkah kalian mengalami permasalahan ketika sedang mengetik tugas kuliah ataupun mengerjakan sebuah project disebuah perangkat PC atau laptop, kemudian ketika akan menyimpan hasil pekerjaan tersebut tiba tiba program yang kalian gunakan mengalami gangguan atau Program not responding? 

Biasanya permasalahan itu muncul karena perangkat yang kalian gunakan tidak mampu memproses perintah dengan baik karena keterbatasan RAM yang tertanam pada perangkat tersebut dan menumpuknya file sampah atau cache pada direktori tersembunyi yang bisa mengganggu kinerja RAM secara maksimal, faktor lain yang bisa menjadi penyebabnya mungkin saja kalian terlalu banyak menjalankan program secara bersamaan, misalnya kalian membuka program microsoft word, kemudian disaat bersamaan kalian juga membuka program chrome untuk internetan dan music player untuk mendengarkan musik.

Permasalahan program not responding pada perangkat komputer/laptop memang tidak mudah begitu saja disimpulkan, jika kita mau menilik lebih jauh, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sebuah perangkat PC/laptop mengalami permasalah tersebut.

Berikut saya informasikan beberapa penyebab utama yang membuat komputer/laptop kalian ‘melamun’ atau program not responding saat perangkat sedang bekerja.

Penyebab pada Hardware

Masalah pada RAM
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa menumpuknya file cache atau file sampah tentunya bisa mempengaruhi kinerja RAM, Hal ini akan sangat  terasa pada perangkat dengan spesifikasi terbatas, misal komputer/laptop dengan RAM 1 – 2 GB. Masalah RAM ini diperparah dengan kalian menjalankan program berat seperti game, Photoshop, CorelDraw dan program CAD.

Masalah pada Hardisk
Hardisk merupakan perangkat khusus yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan data dan program pada sebuah komputer/laptop. Hardisk yang bermasalah tentunya akan membuat kinerja komputer menjadi kurang maksimal. Pastikan hardisk yang terpasang pada komputer bersih dari file registry dan badsector. Gunakan aplikasi Cleaner seperti Ccleaner dan Advance System Care untuk membersihkannya secara otomatis dan menyeluruh.

Penyebab pada Software

Masalah pada Sistem Operasi (OS)
Menggunakan sistem operasi yang rusak tentunya akan membawa dampak yang merugikan bagi penggunanya, karena hal ini bisa menyebabkan kegagalan pada saat instalasi program/aplikasi dan juga bisa mempengaruhi kinerja program yang akan dijalankan.

Terinfeksi Virus Komputer
Serangan virus komputer juga bisa menyebabkan komputer/laptop bekerja sangat lambat bahkan bisa mengganggu program yang sedang dijalankan. Virus komputer yang berasal dari jaringan internet inilah yang akan akan menginfeksi komputer tanpa kalian ketahui.

Nah, Setelah kalian tahu penyebab komputer ngehang dan munculnya permasalahan program is not responding pada komputer, berikut cara cepat mengatasinya yang harus kalian ketahui.

Gunakan Tombol Kombinasi CTRL + ALT + DEL
Tombol kombinasi ini berfungsi untuk memunculkan program Task Manager yang bisa kalian gunakan untuk menghentikan dan menutup aplikasi yang mengalami crash.

Tekan secara bersamaan Ctrl + Alt + del pada keyboard maka akan muncul background seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih menu Task Manager.
Task Manager
Task Manager
Setelah itu pilih program yang akan kalian hentikan dan terakhir klik End Task

Bersihkan semua file sampah pada komputer
Kalian bisa menggunakan aplikasi Cleaner yang dapat membantu membersihkan tumpukan file sampah yang menganggu kinerja komputer dengan maksimal dan menyeluruh secara otomatis. Gunakan aplikasi Cleaner seperti IOBIT Advanced System Care, Ccleaner, SlimCleaner, Glary Utilities dan Jetclean. Semua aplikasi tersebut dapat kalian download dan tersedia secara gratis dan berbayar. Apabila kalian tidak mempunyai koneksi internet, maka kalian bisa membersihkan file sampah secara manual.

Sekian, Penyebab dan cara mengatasi program not responding pada komputer, Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.