Pengaturan Vray Lighting dengan Rectangle Light di Sketchup - Tegalwebside.com -->

Sabtu

Pengaturan Vray Lighting dengan Rectangle Light di Sketchup

Vray Lighting dengan Rectangle Light di Sketchup

Tegalwebside.com - Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat dan mensetting pencahayaan di Vray sketchup. Namun kali ini tool yang akan saya pakai adalah pencahayaan dengan menggunakan rectangle light.

Rectangle Light merupakan lighting tool khusus yang terdapat dalam mesin render Vray. Selain Rectangle light, pengguna dapat menemukan berbagai tool lighting lainnya di vray sketchup seperti IES light, Spot light, Omni light, Domelight, dan Sphere light. Rectangle light bisa menjadi sumber cahaya alternatif yang dapat kalian gunakan untuk menggantikan sumber cahaya default

Rectangle Light biasanya dipakai untuk ruangan yang membutuhkan intesitas pencahayaan khusus yang ditempatkan tepat dibelakang kamera. Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan sumber cahaya pada saat proses render dimulai. Selain itu, salah satu lagi hal yang saya suka dari tool ini adalah saya dapat membuat pencahayaan pada layar Tv/laptop yang akan membuat layar tampak menyala dan ini akan memberikan kesan realistis pada hasil render.

Vray Lighting dengan Rectangle Light di Sketchup

  • Pertama, buka aplikasi Sketchup yang sudah terinstall plugin Vray. Setelah itu, klik tool Rectangle light.
    cara setting rectangle light vray sketchup
  • Selanjutnya klik dan tarik agar membentuk objek seperti gambar dibawah ini.
    cara setting rectangle light vray sketchup
  • Kemudian pindah dan posisikan objek lampu tersebut agar seperti pada gambar dibawah ini.
    cara setting rectangle light vray sketchup
  • Untuk mensettingnya, silakan klik kanan pada objek tersebut → V-Ray for Sketchup → Edit light. Sebelum klik kanan pada objek, usahakan kursor mouse sudah berbentuk tanda panah.
    cara setting rectangle light vray sketchup
  • Kemudian setting seperti pada gambar dibawah ini
    cara setting rectangle light vray sketchup
  • Keterangan

    - Enable : Untuk memunculkan cahaya pada saat gambar dirender.
    - Color : Untuk mengatur warna cahaya, kalian bisa merubahnya sesuai selera.
    - Intensity : Untuk mengatur ouput cahaya, semakin besar nilai yang di input maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan.
    - Subdivs : Untuk mengurangi Noise (bercak hitam) saat gambar selesai dirender. -Double  Sided: Apabila menu ini di Ceklist maka, pada saat proses render cahaya akan keluar dari dua sisi Rectangle light, namun apabila tidak diceklis maka cahaya hanya keluar dari satu sisi, yaitu dari sisi rectangle light yang berwarna putih pure.

    Penutup

    Contoh scene diatas digambar dengan menggunakan aplikasi Sketchup 2016 Pro  dan dirender di VRay 2.0. Hasil rendering benar benar menggunakan pencahaya dari pengaturan Rectangle light tanpa adanya tambahan cahaya eksternal, dan ruangan dibuat sangat tertutup. Sekian panduan  Pengaturan Vray Lighting dengan Rectangle Light di Sketchup, Apabila kalian mengalami kendala silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

    Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.