Cara Mengecek Ukuran Objek Gambar di Sketchup - Tegalwebside.com -->

Selasa

Cara Mengecek Ukuran Objek Gambar di Sketchup

Cara Mengecek Ukuran di Sketchup

Apakah kamu pengguna Sketchup? Jika iya, maka kamu wajib membaca panduan singkat ini, pada tutorial kali ini saya akan membahas panduan dasar penggunaan aplikasi Sketchup yaitu mengetahui ukuran gambar Sketchup tanpa plugin.

Ingat cara ini bukan untuk mengetahui ukuran filenya dan bukan juga untuk mengetahui ukuran keseluruhan luasan volume, melainkan untuk mengetahui ukuran panjang, lebar dan tebal dari masing masing sisi sebuah objek gambar.

Misalnya apakah kalian tahu ukuran tebal, panjang,dan lebar sebuah objek tembok? Jadi, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut maka digunakanlah tool Sketchup yang bernama Dimension.

Tool ini akan memberikan informasi ukuran dari sebuah objek secara detail, dan yang terpenting tool ini merupakan tool bawaan aplikasi, jadi kalian tidak perlu menginstalnya dari pihak ketiga.

Cara Mengetahui Ukuran Model di Sketchup

  • Pertama, buka aplikasi Sketchup.
  • Kemudian klik tool Dimension.
  • Cara Mengecek Ukuran Objek Gambar di Sketchup

  • Selanjutnya arahkan dan klik dari sudut awal hingga muncul titik hijau (endpoint) kemudian tarik ke sudut akhir dan terakhir klik dan arahkan mouse kesamping hingga muncul angka ukuran objek tersebut.
  • Cara Mengecek Ukuran Objek Gambar di Sketchup

  • Selesai, dari contoh diatas kita bisa tahu ukuran panjang objek gambar kita adalah 780,3 cm. Untuk mengetahui tebal dan lebar objek tinggal kalian ulangi seperti langkah langkah diatas.

Tool Dimension ini sangat berguna untuk mengetahui ukuran objek gambar dengan bentuk teratur seperti meja, tembok, lemari, lantai, dan tidak bisa berfungsi untuk objek berbentuk abstrak. Sekian dan semoga bermanfaat!

Share with your friends

Donate

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.