Cara Kompres Gambar JPEG PNG atau Foto Lewat Online - Tegalwebside.com
Recent Post

Tuesday

Cara Kompres Gambar JPEG PNG atau Foto Lewat Online

Tegalwebside.comTehnik yang selama ini saya gunakan untuk membuat loading blog saya tidak begitu lambat salah satunya adalah dengan memangkas/mengkompres ukuran file gambar menjadi jauh lebih kecil. Dalam dunia blogging, gambar tak bisa lepas dari sebuah artikel, oleh sebab itu didalam penulisan artikel, kita juga harus menyiapkan sebuah gambar yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan ilustrasi untuk memperjelas materi yang sedang dibahas.

Namun hal yang perlu diingat adalah ketika akan mengupload gambar tersebut, kita lihat terlebih dahulu ukurannya agar tidak menjadi beban dalam blog kita.
Cara Kompres Gambar JPEG PNG atau Foto Lewat Online
Resize

Mengkompress ukuran gambar bisa dilakukan secara online atau lewat internet, mengecilkan size gambar dengan format JPEG, PNG tanpa membuat gambar tersebut blur atau pecah-pecah.

Back to topic,  dalam artikel singkat ini berikut saya rekomendasikan 2 situs yang bisa  kalian manfaatkan untuk mengkompres/mengecilkan ukuran file gambar JPEG dan PNG yang bisa kalian coba secara gratis.

Compressor.io
Ini dia situs yang paling saya rekomendasikan untuk kalian gunakan. Dengan situs ini kalian bisa mengecilkan ukuran gambar 50% jauh lebih kecil dari ukuran aslinya tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Compressor.io memungkinkan pengguna untuk mengkompres 4 jenis format gambar yaitu PNG, JPEG, GIF dan SVG.  Ketika kalian mengkompress gambar dengan format JPG dan PNG itu akan menghasilkan ukuran gambar yang jauh lebih kecil tanpa blur atau pecah - pecah.
Cara Kompres Gambar JPEG PNG atau Foto Lewat Online
Compressor.io 
Dari  gambar diatas bisa kita lihat bahwa dengan mengkompres file gambar disitus Compressor.io dapat mengecilkan ukuran hingga 39% dengan format JPEG tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Nyaris tanpa perbedaan hanya ukuran saja yang mengalami penyusutan.

Cara kompress gambar di Compress.io
  • Masuk ke  laman web compressor.io
  • Klik menu Try It!
  • Kemudian pilih lalu upload file gambar/foto yang akan di kompres.
  • Tunggu dan proses kompresi akan berjalan secara otomatis.
  • Jika proses sudah selesai, silakan simpan/save gambar tersebut.
  • untuk hasil yang lebih maksimal gunakan gambar dengan format JPG/PNG lalu pilih menu Lossless (Only for JPG and PNG)

Imagecompressor.com
Situs ini menggunakan kombinasi dari algoritma optimisasi dan kompresi terbaik untuk mengecilkan ukuran gambar format JPEG dan PNG dengan hasil yang maksimal tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut.
Cara Kompres Gambar JPEG PNG atau Foto Lewat Online
Imagecompressor.com
Berbeda dengan situs compressor.io yang berjalan secara otomatis, situs imagecompressor.com memberikan hasil rekomendasi kompresi terbaik secara otomatis tapi memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri ukuran dan kualitas pada hasil kompresi secara manual.

Cara kompress  gambar imagecompressor.com
  • Masuk ke laman imagecompressor.com
  • Kemudian klik menu Unggah File
  • Selanjutnya pilih file gambar yang akan di kompres.
  • Tunggu beberapa saat dan sistem akan bekerja secara otomatis.
  • Apabila hasil yang ditampilkan oleh sistem belum maksimal, Pengguna bisa mengaturnya secara manual dengan menggeser tabel kualitas.
  • Selesai dan silakan simpan/save.

Penutup
Dari percobaan dengan menggunakan 2 situs kompres online diatas maka bisa diketahui bahwa mengkompres file gambar dengan ukuran 363.45 Kb  dan format yang sama di compressor.io dapat diperkecil hingga  220.57 kb atau turun 39%, sedangkan hal yang sama dengan ukuran file asli yang sedikit berbeda  yaitu 355 kb dapat di kompres hingga 27% atau sekitar 258 kb.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done