Settingan Vray Sketchup Ruang Komputer Minimalis - Tegalwebside.com
Recent Post

Thursday

Settingan Vray Sketchup Ruang Komputer Minimalis

Tegalwebside.com - Hallo semua! Apa kabarnya hari ini? Saya harap semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat selalu. Oke, pada kesempatan kali ini Saya ingin berbagi settingan vray sketchup untuk ruang komputer. Maksudnya disini Saya sudah mempunyai desain sebuah ruang komputer minimalis kemudian saya akan membuatnya realistis di vray. settingan ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai keterbatasan spek komputer namun ingin menghasilkan gambar render yang bisa dibilang lumayan lah hehe..

Perlu dicatat, Saya menggunakan Vray 2.0 dan pengaturan Vray ini hanya pada Vray Option yang mencakup Camera, Image Sampler, Light cache, Displacement serta beberapa pencahayaan internal.
Sebagian komponen objek yang digunakan saya mengunduhnya di galeri 3dwarehouse karena keterbatasan tool dan waktu dan sebagian lainya saya gambar sendiri menggunakan aplikasi CAD Sketchup 2016.
Hasil render akan tampak seperti pada gambar dibawah ini
Settingan Vray Sketchup Untuk Ruang Komputer
Computer Room
Ini merupakan projek latihan saya oleh karena itu saya menggunakan material sederhana yang mungkin kurang menarik untuk diterapkan pada beberapa projek sesungguhnya. Kalian bisa mencoba menerapkan pengaturan ini untuk langkah awal belajar Vray Sketchup yang kemudian bisa kalian kembangkan untuk menghasilkan hasil gambar render yang jauh lebih bagus dari gambar contoh diatas.
  • Pertama, buka aplikasi Sketchup yang sudah terinstall Vray 2.0. Kalian bisa mendownloadnya di internet atau tulis email kalian pada kolom komentar dan saya akan mengirim link downloadnya untuk kalian.
  • Buka scene gambar, bisa kalian download di sini.
  • Kemudian klik Option Editor atau Logo O; lihat gambar dibawah ini.
Settingan Vray Sketchup Untuk Ruang Komputer
Option Editor
  • Klik pada menu tab Camera kemudian atur nilainya seperti ini  Shutter Speed : 100, F - number: 4,7 Film Speed (ISO): 123; lihat pada gambar dibawah ini.
Camera
  • Selanjutnya klik Image Sampler dan atur juga nilai Min Subdivs: 15 dan Max Subdivs: 20  untuk mengurangi noise pada saat gambar di render
Image Sampler
  • Jangan lupakan Light Cache agar gambar yang dirender tidak diganggu oleh munculnya noise, atur nilai Subdivs menjadi : 1000
Light cache
  • Terakhir tambahkan nilai Max Displacement: 350 atau 400  untuk memberi efek timbul pada saat gambar dirender; lihat gambar dibawah ini.
Displacement
Sekarang, kita tinggal menambahkan pencahayaan internal dengan menggunakan Rectangle Light dan IES light agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih powerfull dan realistis.

Itulah tutorial settingan sederhana vray sketchup untuk sebuah ruang komputer minimalis yang bisa kalian coba. Apabila kalian mempunyai settingan lain silakan tambahkan sendiri atau mix dengan settingan sederhana milik saya. Semoga bermanfaat:)

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done