Cara Mengimpor 3D Objek di Sketchup - Tegalwebside.com

Monday

Cara Mengimpor 3D Objek di Sketchup

Tegalwebside.comSketchup merupakan Aplikasi CAD yang mudah digunakan untuk menggambar arsitektur gedung, rumah, gudang, serta  eksterior dan interior sebuah bangunan. Saking mudahnya kalian tidak akan membutuhkan waktu terlalu lama untuk belajar menggunakan aplikasi CAD yang satu ini. Ini fakta lho bukan saya yang sok pintar ataupun sok jago. Fitur utama dalam sketchup adalah Pull Up dan Pull Down untuk membentuk suatu objek menjadi 3 Dimensi. 

Kalian tidak perlu repot repot menghafalkan command (perintah) seperti dalam aplikasi CAD lain semisal AutoCAD. Keunggulan lain yang ditawarkan aplikasi ini adalah ukuran file yang tidak terlalu besar sehingga mampu berjalan di komputer/laptop dengan spesifikasi rendah. Karena aplikasi ini benar benar dirancang untuk pengguna pemula yang ingin belajar desian grafis CAD 3 Dimensi.

Bukan hanya itu saja, dukungan pengembang  yang ditawarkan melalui Galeri 3DWarehouse membuat pengguna semakin nyaman. Dengan adanya 3Dwarehouse pengguna akan mudah menemukan objek 3D  yang dibutuhkan dalam sebuah projek kemudian mendownloadnya dan selanjutnya dapat menerapkanya dalam projek sehingga dapat mempercepat pengguna dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. 

Misalnya apabila kalian ingin menambahkan sebuah objek 3D berupa kursi kantor akan tetapi dengan keterbatasan Plugin kalian tidak bisa menggambar objek tersebut nah kalian bisa mencarinya di 3DWAREHOUSE. Dan ini gratis tanpa biaya langganan. Biasanya objek dengan banyak lekukan lekukan rumit akan sulit digambar oleh pengguna pemula dan membutuhkan Plugin khusus untuk membuatnya.

Lalu bagaimana cara menerapkanya kedalam sebuah projek? Baik, disini saya akan memberikan sedikit tips cara memasukan  (mengimpor) objek 3 Dimensi yang kalian download dari galeri 3Dwarehouse.
  • Carilah objek 3D yang akan kalian impor di 3Dwarehouse
  • Selanjutnya Download objek tersebut. Pilihlah versi Sketchup sesuai yang kalian gunakan agar kompatibel.
  • Kemudian buka aplikasi Sketchup, disini saya menggunakan Sketchup 2015.
  • Untuk mengimpornya, klik File pilih Import; lihat gambar dibawah ini.
    Cara Mengimpor 3D Objek di Sketchup
    Cara Mengimpor 3D Objek di Sketchup
    • Maka akan muncul Popup kemudian carilah objek yang kalian download kemudian klik Open.
    • Jika sudah masuk dan terbuka di Sketchup selanjutnya tekan S (Scale) pada keyboard untuk memperkecil atau memperbesar objek tersebut. Sesuaikan dengan objek gambar yang sudah ada. ;lihat gambar dibawah ini.
      Cara Mengimpor 3D Objek di Sketchup
      Cara Mengimpor 3D Objek di Sketchup
      • Yaps, Selesai! dan silakan tekan Ctrl + S untuk menyimpan projek kalian.
      Penutup
      Sekedar informasi beberapa objek mungkin mempunyai ukuran yang besar tergantung seberapa rumit  objek tersebut dan itu bisa saja akan membuat kinerja komputer/laptop menjadi berat dan apabila kalian ingin memisahkan sebuah objek yang berkelompok maka kalian harus memisahkanya dengan fitur Explode
      Sekian itu tips dari saya tentang bagaimana cara mengimpor sebuah 3D objek di Sketchup. Bila kurang jelas bisa kalian tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

      Share with your friends

      Related Posts

      Give us your opinion

      Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.