Cara Cepat dan Efektif Agar Blog Keluar Dari Google Sandbox - Tegalwebside.com

Sunday

Cara Cepat dan Efektif Agar Blog Keluar Dari Google Sandbox

Cara Cepat dan Efektif  Agar Blog Keluar Dari Google Sandbox

Tegalwebside.com - Google sandbox merupakan suatu hukuman yang diberikan oleh google kepada sebuah web atau blog yang ditandai dengan hilangnya beberapa artikel  yang biasa masuk dihalaman pertama laman pencarian. Artikel tersebut masih terindex namun google tidak menampilkanya dilaman pencarian karena terindikasi melakukan tindakan yang tidak sesuai  dengan syarat dan ketentuan google misalnya  isi artikel copas, backlink tidak wajar, optimasi yang berlebihan, banyak link rusak dan banyak terdapat duplikat konten.

Hukuman ini biasanya diperuntuhkan untuk web atau blog yang baru dibuat namun tak jarang web yang sudah berumur lama pun ikut terkena juga. Saya belum tahu apakah ada cara efektif agar terhindar dari hukuman ini. Namun saya rasa jika suatu web memiliki konten yang bagus dan backlink yang  berkualitas maka itu bisa menghindarkan terkena google sandbox.

Blog saya pernah terkena google sandbox yang berdampak besar pada trafik yang membuat saya hampir menghapus blog tersebut. Pada gambar dibawah ini terlihat jelas dampak blog/web yang terkena google sandbox dan ini benar benar menyedihkan dan membuat semangat ngeblog saya pudar.



Apa itu Google Sandbox dan bagaimana pengaruhnya terhadap blog?

Dengan kata sederhana, ini metode yang digunakan Google untuk menampilkan hasil pencarian situs web yang paling relevan dengan kata kunci. Algoritma yang digunakan untuk memastikan situs-situs spam tidak masuk dalam daftar teratas  laman hasil pencarian Google.

Bagian yang lucu adalah, ketika kalian membuat sebuah blog selanjutnya kalian mempublikasikan posting pertama, itu mungkin muncul di laman teratas hasil pencarian google dan bertahan beberapa hari dan blog kalian akan mendapatkan beberapa lalu lintas kecil dari Google, kemudian setelah beberapa hari artikel akan hilang dari hasil pencarian halaman teratas. Itulah efek sandbox.

Walaupun blog kalian terkena hukuman google, tetapi kabar baiknya Google tidak menghentikan pengindeksan halaman blog kalian, kalian dapat menemukan posting artikel dengan cara ketikan site:blogkamu.com di hasil pencarian Google. Ganti tulisan yang berwarna merah dengan URL blog/web kalian.
Cara Cepat dan Efektif  Agar Blog Keluar Dari Google Sandbox
Cara Cepat dan Efektif  Agar Blog Keluar Dari Google Sandbox 
Pengalaman saya untuk keluar dari sandbox biasanya membutuhkan waktu antara 1 sampai 6 bulan untuk bisa keluar dari hukuman Google sandbox ini. Blog saya ini jelas mulai mendapatkan traffic yang bagus dari Google setelah enam bulan dari hari saya menerbitkan posting pertama saya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya mendapatkan lalu lintas yang tinggi dari Google tetapi tiba-tiba turun menjadi nol.
Efek Google Sandox
Efek Google Sandbox
Cara Cek Blog Terkena Google Sandbox
Namun untuk kalian yang mengalami penurunan trafik secara tajam namun belum yakin apakah blog/web terkena google sandbox, maka kalian bisa mengeceknya dengan cara:

  • Masuk kesitus https://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm
  • Kemudian ketikan URL blog kalian dikolom ‘Enter the website URL'
  • Ketikan angka hasil penjumlahan
  • Terakhir klik Submit dan lihat hasilnya
Jika muncul tulisan:Your site is in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com berarti laman blog/web kalian terkena google sandbox 
Contoh Blog yang terkena Sandbox
Contoh Blog yang terkena Sandbox
Berikut Cara Cepat dan Efektif agar Blog keluar dari Google SandBox

  • Santai, Jangan Terlalu Khawatir. Mungkin untuk sebagian blogger akan merasa cemas dan kecewa jika blog yang dikelolanya terkena sandbox. mengingat dampak sandbox yang luar biasa terhadap trafik dan ranking blog itu sendiri tapi langkah tepatnya adalah jangan terlalu khawatir dan tetaplah membuat artikel-artikel unik dan berkualitas secara berkala. Pastikan spider Google mengindeks setiap halaman blog kalian dengan cara submit artikel ke webmaster setelah selesai membuatnya.
  • Buatlah Backlink yang Berkualitas. Rutin memposting artikel yang unik dan berkualitas rupanya belum cukup bagi Google untuk mengidentifikasi situs web/blog kalian. Diperlukan beberapa backlink dari situs web berkualitas yang relevan dengan blog kalian ini berfungsi agar google mengenali situs web kalian dengan baik. Kalian bisa membuat backlink dengan cara berkomentar di blog orang lain dengan meninggalkan link aktif yang menuju ke blog kalian, media sosial, forum, postingan tamu (guest post).
  • Jangan Spam. Fungsi utama Google sandbox adalah untuk menghapus konten situs web/blog yang terindikasi spam dalam hasil pencarian, jadi jangan melakukan sesuatu yang salah atau berlebihan untuk melakukan 'hal-hal baik' dalam waktu singkat. Google dapat menandai blog kalian sebagai spam jika ada aktifitas optimasi yang mencurigakan.
  • Hapus Konten Duplikat. Jangan menduplikasi konten orang lain atau menulis yang sama dengan cara yang sedikit berbeda. Menurut pengalaman saya ini bisa menjadi salah satu penyebab blog/web terkena efek Sandbox untuk blog saya. Hapus artikel yang mengandung duplikat konten atau kalian bisa mengeditnya  untuk membuat sedikit berbeda.
  • Buat Blog Kalian Bersih. Sekali lagi, pastikan blog kalian tidak menyimpan terlalu banyak sampah dengan banyak kategori, tag, banyak iklan, komentar spam, tautan eksternal yang tidak relevan, kata kunci yang berlebihan, kesalahan HTML, dan duplikat Judul / deskripsi. Izinkan Google bot merayapi blog kalian dengan mudah tanpa masalah apapun.
  • Bersabarlah dan tetap update artikel secara berkala. Seperti yang saya katakan, saya rasa semua situs web  tidak akan terkena oleh sandbox, tetapi jika situs web kalian berada di bawah Google Sandbox, jangan khawatir. Bersabarlah, jika kalian mengikuti langkah-langkah di atas, maka saya yakin dalam waktu maksimal 6 bulan web/blog kalian akan keluar dari efek kotak pasir Google.

Ambil 6 bulan ini sebagai masa percobaan untuk web/blog kalian dan mulailah bekerja keras untuk membuktikan diri kepada pembaca dan Google. Ingat, setelah web/blog kalian terbebas dari hukuman sandbox ini, kalian akan melihat peningkatan mendadak dalam trafik mesin pencari, sehingga blog kalian harus siap untuk menerima pembaca ini dengan benar dan mengonversinya dengan cara apa pun yang kalian inginkan.

Jadi, gunakan waktu ini untuk menghasilkan konten yang lebih unik dan berkualitas, rancang blog kalian dengan baik, tingkatkan kecepatan, mulailah memonetisasi dengan cara yang tepat, buat jaringan dengan blogger dan pembaca lain, dapatkan beberapa pelanggan dan buat komunitas di sekitar kalian.
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.