Vray Settings for Sketchup Interior - Tegalwebside.com

Sunday

Vray Settings for Sketchup Interior

Vray Settings for Sketchup Interior

Tegalwebside.comVray Settings for Sketchup. Banyak dari teman teman yang memintaku berbagi pengaturan vray settings for sketchup yang saya gunakan untuk membuat render gambar interior pada kamar mandi. Saya sudah mencoba berbagai mesin render akan tetapi dari semua yang saya coba hanya Vray yang bisa memenuhi semua kebutuhan projek saya, dan yang terpenting adalah kesederhanaan tampilan dan fleksibilitas.
Saya telah menggunakan mesin render vray untuk sketchup sejak 2015 yang lalu, tetapi semenjak laptop saya hilang 6 bulan lalu membuat program dan material desain saya ikut hilang karena saya lupa untuk mem-backup semua data dalam laptop saya. alhasil vray settings for skechup yang selama ini saya gunakan pun hilang juga. tapi alhamdulilah saya masih mempunyai sedikit backup vray settings for sketchup yang saya simpan dalam media penyimpanan online termasuk vray settings for sketchup pada kamar mandi.


kamu akan melihat bahwa pengaturan vray yang saya gunakan tidak terlalu jauh dari pengaturan default, tetapi pengaturan ini akan memberikan rasio terbaik salah satunya memangkas waktu vray dalam proses rendering dan hasil output yang memuaskan. perlu kamu ketahui, bahwa pengaturan ini tidak menjamin gambar kamu menjadi sempurna akan tetapi saya akan mencoba memberikan yang terbaik yang saya ketahui dalam vray settings for skethcup ini.

Sebelum masuk ke pengaturan, ada beberapa catatan yang perlu kamu ketahui, yaitu bahwa saya menggunakan Vray for sketchup pro 8 portable yang saya download dari internet, ini berarti tentu saja vray tersebut berjalan di sketchup tanpa harus menginstallnya dan mungkin saja tampilan Vray yang kamu gunakan berbeda dengan tampilan Vray yang saya gunakan karena perbedaan versi dalam program tetapi pada dasarnya sama saja hanya letak letak tool yang mungkin berpindah.

Vray Settings for Sketchup

Pada vray settings for sketchup, hal yang perlu kamu lakukan untuk menampilkan kotak dialog vray dengan mengklik Bring up the V-Ray for Sketchup Options Editor atau ikon O pada Toolbar.
Option Editor Vray Sketchup
Jika tidak menemukan tool tersebut maka kamu bisa mengaksesnya secara manual dengan klik Plugins → V-Ray → Options.

  • Global Switches
    Pada tab ini saya benar benar hanya menggunakan pengaturan default, karena scene yang saya pake berada dalam ruangan yang tertutup.

  • Image Sampler
    Pada tab ini saya menambahkan nilai Min Subdivs: 20 dan Max Subdivs: 25 serta membiarkan Type dalam keadaan default. 
Image Sampler

  • Displacement
    Jangan lupakan tab dispalcement, karena saya menggunakanya agar gambar yang dihasilkan lebih bagus lagi, disini saya menambahkan Max Subdivs: 400 atau bisa 450
Displacement

  • Environment
    Pada tab ini gunakan pengaturan default saja, fungsi lain di tab ini adalah kamu bisa menambahkan HDRI agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih powerfull.

  • Camera
    Tab camera ini biasa saya gunakan untuk mengatur intesitas cahaya dari luar yang masuk kedalam ruangan. Caranya seperti ini: klik tab Camera kemudian scroll kebawah pada sub CameraPhysical → Shutter Speed: 76,0    F Number: 4,1 dan Film Speed (ISO): 200.
Camera

    Kesimpulanya
    #Semakin kecil nilai Shutter Speed,  maka ruangan akan menjadi lebih terang, berlaku sebaliknya. #Semakin kecil nilai F Number,  maka ruangan akan menjadi lebih terang, berlaku sebaliknya. #Semakin kecil nilai Film Speed (ISO),  maka ruangan akan menjadi lebih terang, berlaku sebaliknya.

  • Output
    Atur disini untuk seberapa besar gambar yang ingin kamu hasilkan. Untuk tes render cepat saya menggunakan resolusi 800 x 600.

  • Light Cache
    Tak jarang gambar yang dihasilkan akan penuh dengan bercak hitam, atur disini untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara tambah nilai pada Subdivs: 1500.
Light Cache

  • DMC Sampler dan Color Mapping
    Saya menggunakan pengaturan default
    Seperti yang sudah saya katakan pada penjelasan diatas, bahwa pengaturan yang saya gunakan kali ini sangat simpel yang bertujuan agar proses render berjalan lebih cepat tanpa mengurangi kualitas gambar yang akan dihasilkan.
    Vray Settings for Sketchup in  Bathroom

    Penutup

    Membuat topik pengaturan vray settings for sketchup merupakan hal yang biasa orang orang lakukan terutama para 3D artist akan tetapi akan terdapat banyak perbedaan dalam setiap pengaturan vray. Jadi gambar pun akan berbeda, silakan kamu pilih sendiri pengaturan mana yang sekiranya pas dengan projek kamu.

    Share with your friends

    Related Posts

    Give us your opinion

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.