Cara Mengurangi Noise Di Vray Sketchup - Tegalwebside.com

Monday

Cara Mengurangi Noise Di Vray Sketchup

Cara Mengurangi Noise Di Vray Sketchup

Tegalwebside.com Cara Mengurangi Noise Pada Gambar Hasil Render Di Vray Sketchup. Noise atau yang lebih dikenal dengan istilah 'titik titik hitam kecil' pada gambar hasil render di Vray Sketchup ini memang sering kali menjadi masalah tersendiri bagi yang baru belajar mesin render Vray Sketchup. Bukan tanpa alasan, karena hal ini sangat mengganggu dan dapat mengurangi kualitas hasil gambar render di Vray Sketchup.

Kebayang kan, kalau desain sudah keren namun hasil render tidak sesuai ekspetasi karena munculnya Noise atau titik titik hitam ini. Noise hampir muncul di setiap mesin render lain semisal Maxwell render, Corona render, Keyshot render dan lain sebagainya. 
Contohnya nampak pada gambar dibawah atas.

Munculnya noise pada Vray Skecthup ini sering kali disebabkan oleh settingan pada VRay Option (Visopt) yang kurang maksimal khususnya di menu Image Sampler, Light cache dan DMC Sampler.
Dan yang perlu diperhatikan ialah settingan ini juga harus menyesuaikan spesifikasi pada komputer/laptop yang sedang kamu gunakan agar tidak terjadi nge-hang saat proses render dimulai.

Cara Mengurangi Noise Di Vray Sketchup

Untuk mengurangi munculnya noise dari proses render di VRay Sketchup maka kamu bisa mencoba menerapkan settingan dibawah ini. Settingan ini juga tidak akan membuat komputer atau Laptop kamu kehabisan nafas dan saya sendiri sering menerapkanya dalam proses rendering di Vray Sketchup.

  • Buka Vray Option (lihat pada gambar dibawah ini)
  • Image Sampler : Min Subdivs: 15   Max Subdivs: 20
  • Displacement: Max Subdivs: 300 
  • Irradiance Map: HSph Subdivs: 120   Samples: 60
  • Light Cache: 1150
  • DMC Sampler: Adaptive Amount: 0,70  Noise Threshold: 0,008  Min Samples:  15

Penutup

Sedikit info pada menu DMC Sampler bahwa semakin kecil nilai Adaptive Amount dan Noise Threshold maka hasil gambar akan semakin halus tapi itu juga akan membuat proses render memakan waktu lebih lama. Jadi spesifikasi komputer atau laptop juga mempunyai peran yang sangat besar. tidak mungkin kita akan menghasilkan gambar yang bagus dengan spesifikasi yang 'pas-pasan' malahan yang ada itu hanya akan menguras waktu kamu dalam menunggu proses render.

Salam hangat!

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.