Cara Agar Video Stabil di Corel Video Studio - Tegalwebside.com

Thursday

Cara Agar Video Stabil di Corel Video Studio

Cara Agar Video Stabil di Corel Video Studio

Tegalwebside.com - Cara menstabilkan video yang goyang di aplikasi Corel Video Studio. Cara ini biasa saya lakukan untuk menstabilkan sebuah video yang bergoyang dan dengan tanpa alat stabilizer, seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, bahwa untuk harga sebuah alat video stabilizer itu sendiri cukup lumayan menguras kantong kita, contohnya sebuah alat video stabilizer/gimbal dengan merek Yi Xiaoyi berkisar Rp 276.000 ribuan untuk ukuran yang standar dan untuk yang premium bisa mencapai jutaan rupiah, wah cukup mahal juga bukan? Saya rasa sayang sekali jika harus membeli alat dengan harga segitu, apalagi untuk kelas pelajar seperti Saya. Tapi itu kembali ke diri kalian masing masing, jika ingin serius menggeluti dunia videografi gak ada salahnya juga mengeluarkan modal sedikit untuk hasil video yang lebih baik.

Yaah namanya juga ingin membuat karya videografi yang sempurna pasti akan banyak usaha termasuk membeli video stablizer/gimbal ini. Tapi untuk kalian yang ingin membuat video kalian stabil tanpa alat stabilizer/gimbal, kalian bisa mencobanya di Corel Videostudio. Kenapa harus menstabilkannya di Corel VideoStudio mas? jawabanya cukup simpel, karena software ini ringan dan gak akan membuat komputer kalian kehabisan tenaga, hasilnya pun tak kalah sama fitur stabilizer yang ada di software lain semisal After Effect, Adobe Premier maupun Sony Vegas.

Cara Membuat Video Stabil di Corel VideoStudio

Untuk membuat video kalian stabil ataupun mengurangi goyangan pada video maka yang kalian butuhkan adalah software Corel VideoStudio dan ProDAD Mercalli V2 Plugin 2.0.126.1 yang bisa kalian download gratis pada tautan dibawah ini.
Download kedua file tersebut kemudian instal keduanya, jika sudah terinstall pada komputer maka kita langsung saja ke topik utama pembahasan Cara Membuat Video Stabil di Corel VideoStudio.
  • Buka Aplikasi Corel VideoStudio Ultimate X10
  • Kemudian masukan footage/video yang akan kalian stabilkan kedalam Timeline View
  • Selanjutnya klik Filter (Logo FX)
  • Kemudian cari Plugin ProDAD dan drag ke Timeline video kalian sehingga memunculkan logo FX di footage kalian yang artinya plugin ProDAD sudah terpasang ke video kalian. contohnya pada gambar dibawah ini.
Trik Agar Video Stabil di Corel VideoStudio Terbaru
FX Menu
  • Langkah selanjutnya klik 2 kali pada footage tadi sehingga memunculkan menu edit, Contohnya lihat pada gambar dibawah ini.
Menu edit
  • Kemudian klik Customize Filter maka akan kebuka jendela baru yaitu konfigurasi Plugin ProDAD Mercalli V2 Plugin 2.0.126.1
  • Selanjutnya kamu tinggal menggeser panel panel yang tersedia sesuai kebutuhan pada video kamu
  • Untuk Virtual Stabi-Cam : Pilih Universal Camera
  • Untuk Compare View : Pilih final result
  • Untuk Pan Shot Smoothing : Saran saya 30% tergantung seberapa besar goyangan/guncangan pada video kalian.
  • Untuk Avoid Border : Saran saya 30% tergantung seberapa besar goyangan/guncangan pada video kalian. jika persentase tidak sesuai maka biasanya akan mucul garis potong.
  • Apabila semua konfigurasi sudah di seting sesuai kebutuhan, maka proses stabilizer bisa kita jalankan dengan mengklik menu Ok
Topik Terkait: Cara Bikin Efek Reverse di Corel Video Studio
Penutup
Dengan menggunakan perangkat lunak (Software) Stabilizer maka kamu sudah tidak perlu lagi membeli gimbal/hardware stabilizer yang harganya cukup mahal dan artinya itu sudah bisa menghemat anggaran kamu dalam projek videografi. Namun salah satu kekuranganya adalah stabilizer ini sering terjadi munculnya garis potong apabila video yang di stabilkan terlalu banyak goyangan atau guncangan,  jadi salah satu tips  yang perlu diperhatikan adalah dalam proses perekaman video wajib untuk meminimalisirkan guncangan atau goyangan.
SafelinkU | Shorten your link and earn money

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.