Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup - Tegalwebside.com -->

Senin

Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup

Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup

Setelah beberapa waktu lalu saya membahas bagaimana Cara membuat emissive light di Vray Sketchup, kali ini saya akan melanjutkan tutorial settingan pada Vray Sketchup yaitu cara bikin refleksi lantai di vray sketchup. Refleksi ini sangat penting untuk kamu setting pada material agar hasil rendernya terlihat lebih realistis.

Pada gambar diatas bisa kita lihat material lantai hasil render mempunyai pantulan cahaya dan bayangan, itulah hasil settingan refleksi pada Vray Sketchup yang akan saya bahas disini dan satu lagi untuk menghasilkan kesan timbul pada lantai kita bisa menambahkan efek Bump pada material tersebut.

Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup

  • Buka aplikasi Sketchup yang sudah terinstall Vray
  • Untuk model gambar kita dapat mendownloadnya di 3DWarehouse atau situs sejenisnya.
  • Selanjutnya kita buat material yang akan kita gunakan pada modeling dengan menggunakan ikon ember atau tekan B pada keyboard.
    Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup
  • Selanjutnya klik Menu Editor maka akan muncul jendela baru seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup
  • Setelah itu kita setting dengan cara klik kanan → Create layer → pilih Reflection.
    Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup
  • Lalu setting nilainya menjadi seperti ini.
    Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup
  • Selanjutnya klik M disamping tulisan Refraction.
    Cara Bikin Refleksi Lantai di VRay Sketchup
  • Maka akan muncul jendela baru seperti pada gambar dibawah ini.
  • Kemudian kita ubah dari None → ke TextFresnel, atur nilai IOR: 1,4 dan Refract IOR: 1,5.
  • Selesai, terakhir render untuk melihat hasilnya

Penutup

Nah demikian tutorial cara dasar membuat refleksi lantai di Vray Sketchup, kita bisa mencoba membuatnya  dengan berbagai macam tekstur lantai yang cocok dengan gambar kita. Untuk menghasilkan gambar yang lebih realistis kita bisa menambahkan material Bump dan displacement.

Share with your friends

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.