Cara Mengatasi ASGvis Error Pada Vray Sketchup - Tegalwebside.com
Recent Post

Sunday

Cara Mengatasi ASGvis Error Pada Vray Sketchup

Tegalwebside.com - Cara Mengatasi ASGvis Eror Pada Saat Render Di Vray SketchupHal yang sering terjadi pada saat kita menggunakan Vray Sketchup adalah Error, banyak penyebabnya mulai dari Bug yang mungkin ada dalam Vray itu sendiri ataupun dari faktor desain gambar yang terlalu banyak memakai material. Kedua faktor tersebut sering saya alami saat menggunakan Vray for Sketchup, pada saat semua material sudah saya setting sedemikian rupa dan pas klik render eh tiba tiba muncul popup notifikasi “We have encountered error(s) while trying to render. Please check the error log for more details.” seperti pada gambar dibawah ini. Alhasil semua material  harus saya  revisi ulang agar Vray berjalan normal dan merender dengan baik.

Setelah saya cari jawaban atas  masalah ini  di banyak grub dan forum internet, kesalahan yang nampak pada gambar dibawah ini  adalah terdapat material dalam jumlah banyak yang tidak terpasang / tidak digunakan pada modeling tetapi masih terbaca dalam sistem Sketchup maupun  Vray. Dengan kata lain Sistem Vray tidak bisa merender gambar tersebut  karena gambar yang dirender menggunakan material yang hilang  sehingga terjadi error render.


Cara Mengatasi ASGvis Eror Pada Saat Render Di Vray Sketchup

Menumpuknya meterial yang tidak terpakai namun tetap terpasang pada modeling juga bisa menyebabkan proses desain di Sketchup akan  terasa berat dan komputer akan sering nge – Lag  atau not responding.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa ikuti langkah langkah dibawah ini.
  • Agar aman maka save dulu file Sketchup kamu.
  • Kemudian klik Windows lalu arahkan ke menu Model Info (Lihat pada gambar dibawah ini)
Cara Mengatasi ASGvis Eror Pada Saat Render Di Vray Sketchup

  • Akan muncul jendela baru, selanjutnya klik Statistics Lalu pilih Purge Unused (Lihat pada gambar dibawah ini)
Cara Mengatasi ASGvis Eror Pada Saat Render Di Vray Sketchup

  • Maka secara otomatis material yang tidak terpakai akan terhapus dan menyisakan material yang terpasang pada modeling tersebut.
  • Kemudian coba  Render kembali gambar modeling kamu, bila masih error maka ulangi langkah diatas dengan klik Fix Problems yang terdapat disamping menu Purge Unused dan selanjutnya Restart  programnya.
Dengan menggunakan fitur ini kamu tidak perlu menghapus material sampah secara satu per satu.  Yang artinya itu bisa menghemat waktu kamu dalam menyelesaikan suatu projek. Dan jika langkah langkah itu dilakukan dengan  benar maka seharusnya gambar kamu sudah bisa di render dengan Vray Sketchup.

Sekian dari saya mengenai Cara Mengatasi ASGvis Error Pada Vray Sketchup. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share with your friends

Related Posts

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Notification
If you like articles on this blog, please subscribe Now.
Done