Cara mengetahui kapasitas Baterai Laptop dengan CMD - Tegalwebside.com

Sunday

Cara mengetahui kapasitas Baterai Laptop dengan CMD

Cara mengetahui kapasitas Baterai Laptop dengan CMD

Laptop atau komputer jinjing adalah sebuah perangkat elektronik yang banyak digunakan di era sekarang, mulai dari anak - anak, remaja sampai orang tua, fungsinya pun beragam, mulai dari hanya untuk sekedar mengetik, bermain game sampai editing video dan  foto.

Salah satu ke kelebihan laptop ialah sangat simpel untuk di bawa kemana saja, karena pastinya sudah dilengkapi dengan batterai sebagai dayanya.

Baterai laptop umumnya bertahan 1 sampai 6 jam sampai akhirnya habis, tergantung cara pemakaian, kondisi, spesikasi dan ukuran batterai itu sendiri.

Untuk kamu yang mau membeli laptop baru/second, jangan lupa cek dulu berapa sih kapasitas baterai pada laptop tersebut, caranya bisa dilihat pada label yang menempel di baterai fisiknya atau dengan langsung bertanya ke penjualnya.

Jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari bila ternyata laptop yang kamu beli mempunyai kapasitas baterai yang kecil dan kemampuan daya simpan baterai yang menurun.

Nah untuk yang gak mau ribet mengecek kapasitas baterai laptop secara fisik, kamu bisa mengecek nya secara virtual melalui cmd pada laptop dengan OS Windows. Begini cara cek kondisi dan kapasitas baterai laptop dengan cmd.

1. Langkah pertama, silakan cari program CMD dengan cara klik menu Start - all programs - accessories - cmd, lalu jalankan dengan run as administrator.

2. Langkah kedua, tentukan direktori penyimpanan yang nantinya digunakan untuk menyimpan hasil scanning program. Sebagai contoh disini saya menggunakan direktori D.
Cara mengetahui kapasitas Baterai Laptop dengan CMD
cek kondisi baterai laptop

3. Setelah itu ketikan "Powercfg energy" (tanpa tanda petik yah), lalu tekan enter dan tunggulah sekitar 1 menit biarkan sistem menganalisa informasi baterai yang ada didalam laptop agan. Jika sudah selesai maka tampilanya kayak gambar dibawah ini.
Cara mengetahui kapasitas Baterai Laptop dengan CMD
cek kondisi baterai laptop

4. Langkah selanjutnya agan tinggal buka direktori penyimpanan analisa yang tadi sudah agan buat, kemudian cari file hasil analisa tersebut, biasanya file itu bernama default "energy - report.html".

5.  Langkah terakhir buka file tersebut lalu cari bagian "Battery:Battery Information", Nah disitu tertulis jelas informasi kapasitas baterai, battery ID, Merek baterai, hingga pengisian terakhir
Cara mengetahui kapasitas Baterai Laptop dengan CMD
cara cek kapasitas baterai laptop

Kesimpulan
Informasi baterai yang bisa kita ketahui dari trik ini cukup lengkap dibanding melihat langsung dilabel atau bertanya ke penjualnya. Informasi beterai ini juga bisa menjadi patokan saat kita ingin mengganti baterai pada laptop biar nggak salah beli.

Share with your friends

Give us your opinion

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Tidak diperkenankan meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis.